RIAU

Terpadat Ketiga di Indonesia, Lapas Bengkalis Dinilai tak Layak Huni

Lapas Kelas II A Bengkalis.
BENGKALIS - Jumlah hunian di Lapas Kelas II A Bengkalis semakin hari semakin bertambah, saat ini jumlah hunian berkisar 1.205 narapidana atau sudah over kapasitas bahkan sudah dinyatakan sebagai Lapas terpadat ketiga di Indonesia.
 
Dikatakan Kepala Lapas Bengkalis, Bawon menilai, kalau mempertimbangkan dari aspek hak azazi manusia, bangunan Lapas yang ada sebenarnya tidak layak lagi ditempati oleh 1.205 orang hunian. 
 
"Karena hal tersebut tidak bisa kita elakkan lagi, pihak lapas tetap berupaya untuk memenuhi kebutuhan dan tugas pembinaan sesuai HAM," kata Bawon seperti dilansir Riaurealita.com dari laman Media Center Riau, Sabtu (30/1/2016).
 
Permaslahan over kapasitas ini, terang Bawon, bukanlah hal yang baru di Lapas. Over kapasitas Lapas kelas II A Bengkalis sudah terjadi sejak bertahun-tahun.
 
Namun, terangnya, pihak Lapas tetap memperlakukan secara manusiawi sesuai dengan hak asasi manusia. Selain itu, pihak Lapas juga sudah berupaya mengusulkan ke pemerintah pusat agar dapat menjadi prioritas dalam mengatasi masalah over kapasitas tersebut, hanya saja belum terlihat realisasinya.
 
Sebagai Lapas terpadat nomor 3 di Indonesia, lanjut Bawon, tentunya bagi petugas Lapas tidak akan mengabaikan hak-hak napi termasuk memberikan pengetahuan tentang hukum dan juga kemajuan teknologi yang berkembang pesat saat ini.
 
"Dengan kondisi terpadat saat ini kalau dibandingkan dengan jumlah petugas tidak memadai lagi. tetapi pihak kami berupaya sebaik mungkin untuk tetap siaga dalam mengawasi dan menjaga para narapidana," pungkas Bawon. (max/mcr)
 



[Ikuti Terus Riaurealita.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : +62 0823 8944 0487
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Riaurealita.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan

Video