BPD Desa Idaman Dilantik, Bupati Inhil Minta Adanya Sinergitas BPD Dengan Kades

BPD Desa Idaman Dilantik, Bupati Inhil Minta Adanya Sinergitas BPD Dengan Kades

TEMBILAHAN - Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Idaman, Kecamatan Gaung Anak Serka (GAS) periode 2017-2023 telah resmi dilantik. Untuk itu, Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan meminta adanya sinergitas antara BPD dengan Kepala Desa (Kades) Idaman.

Wujud konkret dari sinergitas yang terjalin antara BPD dan Kepala Desa Idaman ialah berupa perumusan kegiatan-kegiatan pembangunan demi tercapainya cita-cita memajukan daerah.

"Selaku Badan Legislatif di tingkat desa, sudah semestinya menjalin koordinasi, menyamakan persepsi dan gagasan dengan Kepala Desa demi pembangunan yang berjalan lancar dan memperoleh hasil yang memuaskan," kata Bupati.

Tanpa adanya sinergitas yang terbangun melalui jalinan koordinasi yang intensif, maka diungkapkan Bupati, akan mustahil sebuah usulan program pembangunan akan diterima karena terdapat ketidaksepahaman.

"Disinilah letak fungsi dari koordinasi yang dibangun. Ada harmonisasi dan sinkronisasi atas program kegiatan. Yang mana,  kegiatan yang masuk dalam program prioritas dan yang mana yang tidak," ujar Bupati.

Lebih lanjut, Bupati menuturkan, setelah sinergitas antar perangkat desa terjalin, yakni antara BPD dan Kepala Desa, maka keterlibatan masyarakat di desa tersebut menjadi sebuah tuntutan yang harus dipenuhi. 

"Lebih lagi, pada program DMIJ yang dirumuskan sejak tahun 2014, kita mesti berorientasi pada pemberdayaan masyarakat dalam setiap tahapan pembangunan, mulai dari tahapan perencanaan hingga finishing," urai Bupati.

Selanjutnya, Bupati menginformasikan, program DMIJ, dapat mengakomodir seluruh kegiatan baik fisik maupun nonfisik. Sehingga,  masyarakat dan perangkat desa dapat lebih leluasa dalam fase penyusunan program.

Untuk diketahui, kedatangan Bupati Inhil,  HM Wardan juga diikuti dengan kehadiran Wakil Ketua DPRD Inhil,  H Ferryandi serta turut didampingi oleh Kepala Dinas Perikanan, Kepala Dinas Kesehatan,  Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kepala Dinas Perhubungan juga Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Inhil.

Guntur/Diskominfops Inhil


Berita Lainnya

Index
Galeri