Diskes Riau Imbau Masyarakat Waspada Penularan Virus Zika

Diskes Riau Imbau Masyarakat Waspada Penularan Virus Zika
Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau, Andra Sjafril.
PEKANBARU - Tidak hanya Demam Berdarah Dangue (DBD), Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau juga mengimbau masyarakat agar mewaspadai penularan Virus Zika saat musim penghujan seperti saat ini, terutama di daerah rawan banjir dan endemik DBD.
 
"Gejala yang muncul pada virus Zika ini hampir sama dengan DBD, seperti panas tinggi dan penularannya juga melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti," ungkap Kepala Diskes Riau Andra Sjafril, Sabtu (30/1/2016).
 
Andra juga mengatakan, untuk mencegah Virus Zika ini ialah dengan menyemprot kamar dengan obat anti nyamuk, malam maupun pada siang hari, Ia juga menyarankan agar selalu menjaga kebersihan lingkungan rumah. "Kita juga harus senantiasa menjaga pertahanan tubuh, makan minum yg bersih dan panas dan menghindari minum air es," sarannya.
 
Dijelaskan, orang yang terjangkit Virus Zika akan merasakan gejala seperti sakit kepala, ruam di wajah, leher dan lengan atas. Mungkin juga menyebar ke telapak tangan dan kaki, demam dan nyeri punggung. Seperti gejala Chikungunya dan DBD. "Hanya mengingatkan kembali, WHO telah mengumumkan untuk selalu waspada meski Riau belum ada kasus terkena virus zika ini," ungkap Andra.
 
Andra juga mengingatkan, jika warga mengalami gejala seperti yang disebutkan diatas agar segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat. (phd)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri