Ikut Pilgubri 2018, Suyatno: Mulai 15 Februari Saya Cuti dari Jabatan Bupati

Ikut Pilgubri 2018, Suyatno: Mulai 15 Februari Saya Cuti dari Jabatan Bupati
Suyatno.

BAGANSIAPIAPI - Pengajuan cuti Bupati Rokan Hilir (Rohil), H Suyatno AMp yang mencalonkan diri sebagai Wakil Gubernur Riau berpasangan dengan H Arsyadjuliandi Rahman pada pertarungan Pilgubri 27 Juni 2018 mendatang saat ini masih dalam proses.

"Mengenai cuti saya sudah diajukan kepada gubernur melalui Mendagri, saat ini tinggal proses dan insya Allah akan keluar menjelang tanggal 15 Februari mendatang," Kata Suyatno, akhir pekan lalu.

Ia menyebutkan, terhitung sejak 15 Februari mendatang dia tidak lagi menjalankan tugas-tugas sebagai Bupati Rohil. "Istilahnya saya sudah kembali menjadi rakyat, saya tidak lagi dapat menggunakan fasilitas negara sebagai bupati baik kendaraan dinas maupun lainnya seperti anggaran," jelasnya.

Hal tersebut lanjutnya adanya aturan baru dari Mendagri bahwa bagi kepala daerah yang mencalonkan diri baik itu bupati, wabup, gubernur, wali kota maupun lainnya semua jabatan pada saat itu harus ditanggalkan juga termasuk anggaran.

"Jadi terhitung Februari nanti saya tidak lagi dapat menggunakan anggaran, seperti biaya operasional kepala daerah termasuk SPPD semua nya dikunci," katanya lagi.

Akan tetapi lanjutnya, dalam bulan Januari menjelang 15 Februari dirinya masih punya waktu dalam satu bulan dapat menggunakan fasilitas maupun operasional sebagai Bupati. Dirinya juga mengaku sangat berterimakasih atas ketatnya aturan yang ditentukan oleh pemerintah bagi para calon kepala daerah yang mengikuti pemilihan.

"Semuanya dalam rangka mengantisipasi, begitu juga cuti yang diberikan sampai beberapa bulan itu. Saya pribadi sangat mendukung dan berterimakasih, maksud pemerintah itu agar jangan ada intervensi terutama pada ASN," bebernya.

Ketatnya aturan itu tambahnya lagi memberikan pelajaran kepada para calon kepala daerah serta memberikan tunjuk ajar untuk menghilangkan prasangka terhadap para calon kepala daerah.

Suyatno juga mengingatkan kepada para ASN agar tidak lagi berhubungan setelah dirinya resmi cuti sebagai Bupati. "Saya ingatkan kepada ASN saat saya cuti nanti tidak adalagi yang berhubungan dengan saya, apalagi mau mengajak maupun merangkul, karena sorotan media pada Pilgub ini begitu besar," pungkasnya.

Sumber: Halloriau.com


Berita Lainnya

Index
Galeri