Bupati Bengkalis Coffe Morning Bersama Insan Pers Mandau - Pinggir

Bupati Bengkalis Coffe Morning Bersama Insan Pers Mandau - Pinggir

MANDAU - Pada awal tahun 2018, Bupati Bengkalis Amril Mukminin, Rabu 17 Januari 2018 menggelar coffee morning bersama insan pers yang bertugas di Kecamatan Mandau, Bathin Solapan, Pinggir dan Talang Muandau.

Acara yang penuh keakraban ini, dilakukan sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Bengkalis untuk meningkatkan kemitraan dengan insan pers.

Diungkapkan Bupati Bengkalis Amril Mukminin, sebagai pilar keempat setelah eksekutif, legislatif dan yudikatif, partisipasi media sangat dibutuhkan, bukan saja dalam pembangunan demokrasi, tetapi juga seluruh aspek pembangunan.

“Lebih-lebih pembangunan di bidang informasi dalam rangka mencerdaskan kehidupan masyarakat,” ungkap Amril Mukminin.

Bupati berharap rekan-rekan wartawan untuk terus menjalan fungsi dimaksud. Apapun bentuk kritisi yang ingin diberikan, sampaikan dengan tetap mengedepankan informasi yang cerdas, edukatif dan bermartabat.

“Umpamanya, segera lakukan klarifikasi terhadap setiap isu yang berkembang sebelum dijadikan berita untuk konsumsi publik,” ungkap mantan Kepala Desa Muara Basung ini.

Bupati Amril Mukminin, mengajak insan pers untuk tetap menjunjung tinggi etika atau kode etik jurnalistik dalam pemberitaan. Insan pers mengawal kawal agar di Negeri Junjungan ini tidak ada oknum-oknum yang hanya mengaku wartawan dengan memanfaatkan era keterbukaan informasi, untuk melakukan tindakan-tindakan yang tidak sesuai dengan kode etik jurnalistik.

“Kami mengajak seluruh rekan-rekan pers untuk bersama-sama hentikan atau paling tidak meminimalisir berita bohong, hoax, berita yang memecah-belah dan berita-berita fitnah, harus kita hadapi. Mari sama-sama kita luruskan hal-hal yang bengkok-bengkok, jernihkan yang kekeruhan yang terjadi di media sosial,” ungkap Amril Mukminin.

Dikatakannya, saat ini digitalisasi proses komunikasi, membuat setiap orang bisa menjadi produsen berita. Semuanya bisa memberitakan apa yang dilihat dan dialami. Bahkan setiap saat di media sosial, masyarakat kebanjiran berita.

“Ada berita yang obyektif, yang aktual, ada yang kritik yang baik, tapi banyak juga berita bohong, hoax, yang mengganggu akal sehat. Ada berita yang membuat kegaduhan, banyak berita yang penuh dengan caci maki, penuh dengan fitnah, memecah-belah atau mengancam persatuan dan kesatuan di tengah-tengah masyarakat,” terang mantan anggota DPRD Bengkalis ini.

Lebih lanjut menurut suami Kasmarni ini, tak kalah penting insan pers harus eslalu menjunjung tinggi kode etik jurnalistik. Karena dengan kode etik jurnalistik yang senantiasa dikedepankan, insan pers di empat kecamatan ini, tidak ikut larut dan malah memungut isu-isu yang belum terverifikasi di media sosial sebagai bahan berita.

“Karena kita sekarang ini bisa melihat kalau ada trending topic di media sosial justru itu yang dipakai untuk berita tanpa verifikasi apakah berita itu betul-betul benar atau tidak benar,” tandasnya.

Pada kesempatan itu, Amril Mukminin mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada rekan-rekan pers di Kecamatan Mandau, Bathin Solapan, Pinggir dan Talang Muandau atas partisipasi dan dukungan yang diberikan selama ini untuk menyukseskan pembangunan, khususnya penyebarluasan informasi kepada masyarakat.

“Agar jalinan kerjasama antara rekan-rekan pers di empat kecamatan ini dengan Pemkab Bengkalis dapat kita tingkatkan kuantitas dan kualitasnya, khususnya kepada seluruh perangkat daerah, kami harapkan untuk tidak takut dan terbuka kepada rekan-rekan pers,” ujarnya.

Amril minta insan pers dapat berikan klarifikasi secepatnya, jika ada pemberitaan yang tidak sesuai fakta. Berikan data dan iformasi yang akurat.

“Bangun terus kerjasama dengan prinsip simbiosis mutualisme dengan insan pers. Bukan sebaliknya menutup diri,” tandasnya.

Turut hadir pada acara coffee moorning bersama insan pers di empat kecamatan tersebut, antara lain Asisten Ekonomi dan Pembangunan Heri Indra Putra, Plt Kepala Badan Pengelolaan Aset dan Keuangan Daerah Bustami, Kabag Umum Kabupaten Bengkalis Riki Rihardi, dan Plt. Kepala Dinas Perkimtan Bengkalis Gendrayana Rohaini, beserta sejumlah kepala perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Kemudian Plt Camat Mandau Basuki Rahmad, Camat Bathin Solapan Iskandar, Camat Pinggir Djamaludin dan Camat Talang Muandau Toharudin beserta Sejumlah Anggota DPRD Bengkalis.*1


Berita Lainnya

Index
Galeri