Keterbukaan Informasi Publik

Yopi: Juara Satu Jadi Pemacu

Selasa, 19 Desember 2017 | 20:44:28 WIB
Yopi: Juara Satu Jadi Pemacu
Ket Foto : Bupati Indragiri Hulu, H. Yopi Arianto SE menaiki mobil bak terbuka saat menghadiri acara kegiatan bakti sosial di Desa Pasir Bongkal, Kecamatan Sei Lala.

RENGAT - Prestasi gemilang kembali ditorehkan Bupati Indragiri Hulu (Inhu), H Yopi Arianto SE di bidang keterbukaan informasi publik. Pemerintah Kabupaten Inhu untuk ketiga kalinya secara berturut-turut menjadi juara pertama dalam KI Riau Award 2017.

Penghargaan prestisius dari Komisi Informasi (KI) Provinsi Riau itu diterima Pemerintah Kabupaten Inhu pada 7 Desember 2017. Penghargaan diserahkan Wakil Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim kepada Wakil Bupati Inhu, H Khairizal yang mewakili Bupati Yopi yang berhalangan hadir pada acara puncak KI Riau Award di Kota Pekanbaru tersebut.

Inhu meraih juara pertama untuk keterbukaan informasi publik pada badan publik se-Provinsi Riau kategori kabupaten/kota. Inhu unggul dari Kabupaten Bengkalis yang mendapat juara kedua dan Kota Pekanbaru yang meraih posisi ketiga. Di Provinsi Riau sendiri total ada 12 kabupaten dan kota.

Bupati Yopi mengatakan, juara pertama yang diraih merupakan bukti nyata Pemerintah Kabupaten Inhu benar-benar transparan. "Apalagi ini bukan untuk yang pertama kalinya Pemerintah Kabupaten Inhu meraih penghargaan tersebut," tuturnya.

Wakil Bupati Inhu, H. Khairizal, SE, M.Si foto bersama Wakil Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim usai menerima penghargaan sebagai juara pertama untuk ketiga kalinya secara berturut-turut dalam KI Riau Award 2017.

Akan tetapi, bupati yang kerap menggunakan sepeda motor jenis trail dalam menyerap aspirasi masyarakat itu melanjutkan, prestasi juara pertama bukan untuk gagah-gagahan. "Harus disikapi dengan lebih bijaksana. Juara satu itu harus menjadi pemacu agar kita bekerja lebih baik lagi," ucapnya.

Yopi mengharapkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Inhu tidak terlena dengan penghargaan tersebut. "Semangat keterbukaan informasi publik ini harus lebih ditingkatkan. Bagi yang selama ini masih kurang maksimal, harus lebih giat lagi," tegas politisi muda Partai Golkar itu.

Ucapan terima kasih pun disampaikan Yopi untuk semua pihak yang selama ini telah membantu dan mendukung Pemerintah Kabupaten Inhu dalam keterbukaan informasi publik. "Keterbukaan informasi publik ini muaranya untuk masyarakat sehingga harus tetap dipertahankan," tukasnya.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Inhu, Jawalter mengatakan, Pemerintah Kabupaten Inhu sejak tahun 2015 selalu mendapatkan penghargaan tersebut. "Juara satu tiga tahun berturut-turut," ujarnya.

Bupati Indragiri Hulu, H Yopi Arianto SE menjadi pemateri dalam Forum Nasional Replikasi Inovasi Pelayanan Publik di hadapan para bupati, dan perwakilan instansi pemerintahan pusat maupun daerah se-Indonesia di Bandung.

Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) merupakan program unggulan Pemerintah Kabupaten Inhu dalam keterbukaan informasi publik. Inhu merupakan kabupaten pertama di Indonesia yang melaksanakan program tersebut sejak tahun 2014. 

Pelaksanaan program LAPOR! merupakan bentuk komitmen seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Inhu untuk memberikan ruang partisipasi yang luas bagi masyarakat guna mengawasi pelaksanaan program pembangunan serta pelayanan publik.

LAPOR! juga sudah terintegrasi menjadi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) yang dikembangkan bersama Kantor Staf Presiden, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, Reformasi dan Birokrasi serta Ombudsman Republik Indonesia. (adv)