Bupati Wardan Saksikan Penyembelihan Hewan Kurban di Desa Teluk Kiambang

Bupati Wardan Saksikan Penyembelihan Hewan Kurban di Desa Teluk Kiambang
Bupati Inhil, HM Wardan menyaksikan penyembelihan hewan kurban di Desa Teluk Kiambang, Kecamatan Tem

TEMBILAHAN - Meski tidak terjadwal, Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan menyempatkan diri menyinggahi Desa Teluk Kiambang, Kecamatan Tempuling guna memenuhi undangan untuk menyaksikan penyembelihan hewan kurban oleh Kepala Desa dan aparatur setempat.

Kehadiran Orang Nomor 1 di Kabupaten Inhil itu pun tak pelak mengundang perhatian ratusan masyarakat di sana. Terlihat antusiame masyarakat yang berbondong-bondong mendatangi lokasi kedatangan Bupati Wardan di Pasar Teluk Kiambang yang sekaligus dijadikan lokasi penyembelihan hewan kurban.

Sebelum penyembelihan dilakukan, Bupati Wardan bersama Kepala Desa yang didampingi oleh aparatur dan segenap masyarakat setempat menggelar doa bersama.

"Satu hal yang membanggakan dan patut dicontoh oleh Pemerintah Desa lainnya, yang mana rasa kemanusiaan untuk saling berbagi melalui ibadah kurban oleh segenap unsur Forkopimcam di Desa Teluk Kiambang begitu besar dengan menyisihkan sebagian rezeki mereka untuk berkurban," ujar Bupati Wardan, sebelum penyembelihan hewan kurban dilangsungkan, Sabtu (2/9/2017) siang.

Yang lebih menarik perhatian, mekanisme pengumpulan dana kurban yang diterapkan di Desa Teluk Kiambang ini adalah dengan pola angsuran yang beberapa waktu lalu sempat disarankan oleh Bupati Wardan terhadap panitia penyelenggara kurban Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Inhil.

"Aparatur Desa, seperti BPD, RT dan RW, semua ikut sebagai peserta dengan cara membayar angsuran kepada panitia kurban yang dibentuk Desa. Setiap mereka menerima honor atau insentif, mereka langsung membayar angsuran kepada panitia. Tentunya ini suatu upaya yang sangat luar biasa," pungkas Bupati.

Melalui penerapan pola angsuran ini, dikatakan Bupati Wardan, pihak panitia penyelenggara kurban bentukan Pemerintah Desa Teluk Kiambang pun akhirnya berhasil menghimpun dana untuk melaksanakan penyembelihan hewan kurban sebanyak 14 (Empat Belas) ekor Sapi.

"Hasil yang begitu memuaskan. Melalui pola penerapan ini 14 hewan kurban berhasil dikumpulkan untuk dilakukan penyembelihan tahun ini. Selama ini, jumlah hewan kurban sebanyak itu belum pernah terjadi," kata Bupati Wardan.

Atas upaya yang dilakukan oleh segenap elemen masyarakat Desa Teluk Kiambang ini, Bupati Wardan menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih. Bupati Wardan menilai, langkah yang dilakukan oleh panitia penyelenggara kurban dan para aparatur untuk berkurban adalah langkah yang sangat tepat guna mengisi dimensi hubungan, baik hubungan antara manusia dengan Allah SWT dan juga hubungan antar sesama manusia.

"Ini merupakan hal yang sangat baik. Hal ini merupakan syariat dan syiar Islam yang sarat makna. Apa yang dilaporkan oleh Kades (Kepala Desa) atas upaya pengumpulan dana kurban sebelumnya adalah satu hal yang patut dicontoh," ungkap bupati.

Selanjutnya, dalam momen pertemuan dengan Aparatur dan Masyarakat Desa Teluk Kiambang kala itu, Bupati Wardan yang didampingi Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Inhil, HM Arifin juga tidak lupa menyampaikan informasi tentang perhelatan Akbar Festival Kelapa Internasional yang akan digelar pada 9 sampai 11 September tahun ini dan sekaligus mengajak setiap lapisan masyarakat di sana untuk meramaikan dan menyukseskan ajang bergengsi negara-negara penghasil kelapa tersebut. (guntur/diskominfo inhil/adv)


Berita Lainnya

Index
Galeri