Alhamdulillah... Raih Piala Adipura, Gaji Petugas Kebersihan Kuansing Bakal Dinaikkan

Alhamdulillah... Raih Piala Adipura, Gaji Petugas Kebersihan Kuansing Bakal Dinaikkan
Ilustrasi.

TELUKKUANTAN - Petugas kebersihan di lingkungan Pemkab Kuansing diusulkan naik gaji. Hal ini seiring dengan prestasi yang ditoreh 'Pasukan Kuning' tersebut baru-baru ini.

Berkat kerja keras mereka, Kota Telukkuantan sebagai ibu kota Kabupaten Kuansing mendapatkan penghargaan tertinggi di bidang lingkungan hidup yakni kota kecil terbersih di Indonesia.

Atas prestasi tersebut, Kabupaten Kuansing berhak mendapatkan Piala Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo kepada Bupati Kuansing, Drs Mursini pada 2 Agustus 2017 lalu di Jakarta.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kuansing, Jafrinaldi saat menggelar syukuran keberhasilan itu bersama tim kebersihan kemarin siang mengungkapkan, jika Bupati Kuantan Singingi, Drs Mursini berkeinginan untuk menaikan gaji mereka.

"Ada keinginan bapak bupati untuk menaikan gaji mereka. Beliau sudah minta ke saya agar segera disusulkan draft-nya," ujar Jafrinaldi.

Selain itu, berkat keberhasilan 'Pasukan Kuning' ini menyabet Piala Adipura kemarin, maka Kuansing berhak pula mendapatkan bantuan tambahan keuangan dari kementerian terkait.

"Karena kita mendapatkan Adipura, maka tahun 2018 mendatang Dinas Lingkungan Hidup Kuansing akan mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari kementerian itu," terang Jafrinaldi.

Ditanya nominal, Jafrinaldi menyebutkan secara rinci. Bahkan bantuan DAK itu tidak terbatas. Sesuai dengan usulan. "Melalui DAK, nanti kami akan usulkan untuk bantuan peralatan laboratorium. Karena hingga saat ini peralatan masih kurang," paparnya.

Dia juga menjelaskan, salah satu persyaratan penting untuk mendapatkan DAK itu adalah, pemerintahan daerah harus mendapatkan adipura. "Nah, persyaratan ini sudah lengkap. Dan Kuansing berhak mendapatkannya," tukasnya.

Sekadar diketahui, Kabupaten Kuansing untuk pertama kali meraih Piala Adipura. Anugerah ini sebagai bentuk pengakuan pusat atas Kota Jalur memadukan kerbersihan sekaligus menjadikan kabupaten tujuan investasi dan pariwisata. Untuk mempertahankan Piala Adipura, Bupati Kuansing juga berupaya meningkatkan sarana dan prasarana kebersihan secara menyeluruh hingga ke setiap kecamatan pada tahun selanjutnya.

“Saat ini kan penilaiannya sekitar Kota Telukkuantan. Ke depan Pak Bupati menginginkan Adipura ini menyeluruh ke setiap kecamatan yang ada di Kuansing ini. Artinya, kebersihan ini secara menyeluruh," harapan Bupati Mursini seperti diucapkan Jafrinaldi.

Dia juga mengatakan, mempertahankan piala itu lebih berat dari merebutnya. Oleh karena itu, masyarakat diharapkan terus meningkatkan kesadaran serta mendukung progam pemerintahan. Dan begitu juga sebaliknya, Pemkab Kuansing agar segera melengkapi sarana dan prasarana kebersihan. (max/riauterkini.com)


Berita Lainnya

Index
Galeri