Bupati Inhil dan Ratusan Warga Concong Ikuti Istigasah

Bupati Inhil dan Ratusan Warga Concong Ikuti Istigasah
Bupati Indragiri Hilir, H Muhammad Wardan foto bersama masyarakat saat mengikuti istigasah di Masjid

TEMBILAHAN - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan dan ratusan warga  mengikuti Istigasah di Masjid Nurul Huda, Kelurahan Concong Luar, Kecamatan Concong, Jumat (21/7/2017).

Istigasah yang disejalankan dengan halal bihalal, bertujuan meningkatkan syiar Islam dan ajang silahturahmi. Apalagi saat itu masih dalam suasana Bulan Syawal. Tepat momennya untuk saling bermaaf-maafan.

Istigasah memiliki tujuan cukup baik. Salah satunya menunjukkan arti pemintaan atau pemohonan. Maka istigasah berarti meminta pertolongan, agar daerah dan masyarakat selalu diberikan ampunan dan keselamatan.

Setelah istigasah, Bupati kemudian menunaikan Salat Jumat di Masjid Nurus Ihsan, Concong. Saat itu Bupati bertindak sebagai Khatib. Dalam khutbahnya, Khatib menyampaikan realita kehidupan agar menjadi pedoman kehidupan bermasyarakat. 

Pada intinya, Khatib mengajak jamaah Jumat peka terhadap kondisi di sekitar lingkungan. Karena sesungguhnya, banyak peristiwa yang terjadi, namun tidak dipedulikan. Ke depan kepekaan harus ditanamkan di dalam sanubari.

"Marilah kita bingkai semua kebaikan dalam sebuah keimanan. Sesungguhnya, orang yang paling mulia adalah orang yang bertaqwa di antara kamu," kata Khatib. 

Agama Islam, lanjut Khatib, adalah umat yang paling kokoh. Dia menganjurkan seluruh umat untuk saling kasih mengasih. Bukan saja satu agama, tapi juga dengan lainya. Dengan persatuan itulah, para pendahulu agama dapat meraih kemenangan.

"Ingat, Islam adalah agama yang mencintai perdamaian. Melalui perdamaian akan terciptalah semua keinginan positif," pesan Khatib, yang juga merupakan Bupati Inhil ini. 

Sebelum itu, Bupati juga menyempatkan meninjau pelaksanaan Khitanan Massal kalangan anak kurang mampu di Puskesmas Kecamatan Concong. (Guntur/Diskominfo Inhil/Adv)


Berita Lainnya

Index
Galeri