Peduli Kebersihan, Kecamatan Senapelan Programkan Gotong Royong Bulanan

Selasa, 20 Juni 2017 | 15:58:18 WIB
Peduli Kebersihan, Kecamatan Senapelan Programkan Gotong Royong Bulanan
Ket Foto : Camat Senapelan, Edy Rizal S.Sos.

PEKANBARU - Kecamatan Senapelan Senapelan, Kota Pekanbaru, komitmen menjaga kebersihan lingkungan. Untuk menjaga itu kecamatan ini memprogramkan gotong royong bulanan yang melibatkan pihak kelurahan, RT/RW, dan warga.

Camat Senapelan Edy Rizal S.Sos menyebutkan, sasaran utama gotong royong bulanan tersebut adalah membersihkan drainase atau saluran pembuangan air dari tumpukan tanah dan sampah. 

"Dengan terjaganya kebersihan drainase, ketika musim hujan, air bisa mengalir ke anak sungai sehingga tidak menggenangi pemukiman warga," ujarnya beberapa waktu lalu.

Camat Senapelan Lantik LPMK Kelurahan Padang Bulan.

Selain membersihkan drainase, kata Edy Rizal, gotong royong bulanan juga membersihkan pekarangan masjid, memperbaiki jalan, serta sampah yang menumpuk baik di kawasan pemukiman warga dan pinggiran jalan.

"Sehingga kebersihan lingkungan betul-betul terjaga. Dengan demikian, warga akan terhindar dari berbagai penyakit akibat kotornya lingkungan," ungkapnya.

Lebih jauh disampaikan Edy Rizal, gotong royong bulanan bersama warga juga salah satu upaya Kecamatan Senapelan untuk tetap menghidupkan budaya gotong royong yang merupakan tradisi rakyat Indonesia. 

"Bergotong royong juga bisa membuat kita menjadi lebih kompak dan juga bisa lebih mengenal satu sama yang lainnya," tegas dia. 

Jambore PKK Kecamatan Senapelan.

"Budaya gotong royong juga merupakan salah satu perwujudan nyata dari semangat persatuan masyarakat Indonesia," ulasnya. 

Untuk itu, Edy Rizal berharap semua pihak terutama warga dapat mendukung program gotong royong bulanan yang memiliki banyak manfaat positif tersebut. 

"Karena dengan adanya dukungan dari semua pihak, apapun yang kita programkan salah satunya gotong royong bulanan ini, maka akan bisa terwujud sesuai yang kita harapkan," imbuhnya. (adv-kecamatan senapelan-kominfo)