Disetujui Bupati Kuansing, Ini Jadwal Festival Pacu Jalur 2017

Disetujui Bupati Kuansing, Ini Jadwal Festival Pacu Jalur 2017
Festival Pacu Jalur di Kabupaten Kuansing.

TELUKKUANTAN - Bupati Kuantan Singingi (Kuansing), Drs. H. Mursini, M.Si menyetujui jadwal pelaksanaan iven Pacu Jalur Tradisional tahun ini, baik Pacu Jalur Rayon, Pacu Jalur Mini maupun iven Pacu Jalur tingkat nasional, yang dituangkan dalam Surat Keputusan Bupati Kuantan Singingi Nomor Kpts 126/V/2017 tertanggal 30 Mei 2017.

Sama dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini, Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi kembali menjadwalkan pelaksanaan Pacu Jalur Rayon, yang seluruh rangkaiannya dihelat Juli. Sedangkan pelaksanaan iven Pacu Jalur Nasional dijadwalkan dihelat Agustus mendatang.

Bupati Kuansing menyetujui, pelaksanaan Pacu Jalur Rayon dilaksanakan di empat kecamatan yang mendapat giliran sebagai tuan rumah. Rayon 1 yang terdiri dari Kecamatan Cerenti, Inuman, dan Kuantan Hilir Seberang. Pelaksanaan Pacu Jalur Rayon dipusatkan di Tepian Nyiur Melambai, Desa Sikakak, Kecamatan Cerenti, pada tanggal 6 hingga 8 Juli.

Selanjutnya, Rayon II yang terdiri dari Hulu Kuantan, Kuantan Mudik, Gunung Toar dan Pucuk Rantau, pelaksanaannya dilangsungkan Tepian Pulau Godang, Desa Sungai Pinang, Kecamatan Hulu Kuantan, 13 hingga 15 Juli.

Sedangkan Rayon III yang terdiri dari Kuantan Hilir, Pangean, Benai dan Logas Tanah Darat, pelaksanaannya tahun ini akan dihelat di Tepian Lubuak Sobae Baserah, Kecamatan Kuantan Hilir, 20 hingga 22 Juli.

Terakhir, Rayon IV yang terdiri dari Sentajo Raya, Kuantan Tengah, Singingi dan Singingi Hilir akan dipusatkan di Tepian Datuak Simambang Rajo Nan Putiah, Desa Pulau Komang, Kecamatan Sentajo Raya, pada tanggal 27 hingga 29 Juli.

"Itu jadwal pelaksanaan Pacu Jalur di tingkat rayon," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Parbud) Kuansing, Marwan, S.Pd., MM. kepada wartawan, Senin (5/6/2017) kemarin.

Selanjutnya, rangkaian pelaksanaan Pacu Jalur iven nasional sudah menjadi agenda rutin setiap tahunnya, yang dimulai dari rangkaian pelaksanaan Pacu Jalur Mini. Bupati Kuansing menyetujui, pelaksanaan Pacu Jalur Mini tradisional dihelat di Tepian Narosa Telukkuantan, 19 hingga 21 Agustus.

Sedangkan festival Pacu Jalur Tradisional Kabupaten Kuansing yang sudah menjadi kalender wisata nasional dihelat di Tepian Narosa Telukkuantan, 23 hingga 26 Agustus. "Jadwal ini sudah disetujui Pak Bupati," kata Marwan. (max/mcr)


Berita Lainnya

Index
Galeri