Tekuk Juventus 4-1, Real Madrid Juara Liga Champions 2017

Tekuk Juventus 4-1, Real Madrid Juara Liga Champions 2017
Ronaldo mencetak dua gol ke gawang Juventus. (Reuters/Carl Recine)

JAKARTA - Real Madrid merebut gelar Liga Champions ke-12 setelah mengalahkan Juventus 4-1 pada laga final 2017 di Stadion Millennium, Cardiff, Sabtu (3/6/2017) malam waktu setempat.

Cristiano Ronaldo menjadi bintang kemenangan Madrid dengan mencetak dua gol. Juventus sempat memberi perlawanan di babak pertama meski sempat tertinggal.

Bianconeri bahkan sempat mendominasi jalannya awal babak pertama. Empat menit laga berjalan Juventus memiliki dua peluang, namun sundulan Gonzalo Higuain menit ketiga dan tendangannya menit keempat masih mampu diantisipasi kiper Keylor Navas.

Tekanan Juventus terus berlanjut. Sebuah tendangan keras Miralem Pjanic ke pojok kanan gawang pada menit keenam berhasil dengan gemilang dihentikan Navas.

Meski terus diserang, Madrid justru mampu mencetak gol lebih dulu pada menit ke-20 melalui Ronaldo. Lewat serangan balik yang cepat, Dani Carvajal berhasil menemukan Ronaldo di dalam kotak penalti Juventus.

Dengan sekali sentuh Ronaldo melepaskan tendangan kaki kanan. Bola sempat mengenai bek Juventus Leonardo Bonucci dan masuk ke sisi kanan gawang Gianluigi Buffon. 1-0 untuk Madrid.

Tertinggal satu gol membuat Juventus terpaksa meningkatkan serangan. I Bianconeri hanya butuh tujuh menit untuk menyamakan kedudukan lewat gol spektakuler Mario Mandzukic.

Berawal dari umpan silang Alex Sandro kepada Higuain, penyerang asal Argentina itu kemudian memberi umpan ke Mandzukic. Tanpa pikir panjang Mandzukic langsung melepaskan tendangan salto yang tidak mampu dihentikan Navas. Skor imbang 1-1 bertahan hingga akhir babak pertama.

Pertandingan awal babak kedua berlangsung alot. Madrid terlihat berhati-hati dalam membangun serangan. Hingga sepuluh menit babak kedua berjalan baik Juventus dan Madrid tidak mampu menciptakan peluang.

Peluang baru tercipta pada menit ke-58. Ketika umpan silang Marcelo ke dalam kotak penalti Juventus tidak mampu dicapai Ronaldo. Beberapa detik kemudian usaha Isco untuk melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti masih melambung.

Tiga menit kemudian Madrid kembali unggul 2-1. Sebuah tendangan spekulasi Casemiro mengenai kaki Sami Khedira dan bersarang ke pojok kanan gawang Buffon.

Tertinggal 1-2 membuat lini pertahanan Juventus lengah. Belum sempat membenahi lini pertahanan, gawang Juventus kembali kebobolan pada menit ke-64. Ronaldo dengan mudah membobol gawang Buffon setelah meneruskan umpan tarik Luka Modric.

Usaha keras Juventus untuk menyamakan kedudukan justru menghasilkan bencana pada menit ke-84. Winger Juan Cuadrado yang baru masuk di babak kedua mendapat kartu kuning kedua karena mendorong Sergio Ramos.

Perlawanan Juventus berakhir setelah Marco Asensio mencetak gol keempat Madrid pada menit ke-90 usai menerima umpan silang Marcelo. Skor 4-1 untuk Madrid pun bertahan hingga laga usai. (max/cnn)


Berita Lainnya

Index
Galeri