Loading...
PEKANBARU

Duh! Banyak SKPD Tak Bisa Selesaikan Kegiatan

Asisten II Dedi Gusriadi
PEKANBARU - Tahun anggaran 2015 ini banyak Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru tak bisa selesaikan kegiatan. Setidaknya ada 8 persen kegiatan yang dialokasikan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kota Pekanbaru 2015 gagal terealisasi.

Beberapa kegiatan yang tak terealisasi seperti kegiatan pelebaran jalan Riau, pembebasan lahan untuk Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Kecamatan Tenayan Raya, kegiatan pembenahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Muara Fajar serta beberapa kegiatan lain yang ada di Bappeda dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol).

Hal itu terungkap dalam rapat evaluasi final realisasi APBD 2015 kota Pekanbaru yang digelar, Senin (28/12/2015) di aula Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Pekanbaru. Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Pekanbaru, Dedi Gusriadi usai memimpin rapat, mengaku tidak mengetahui secara pasti penyebab gagal terlaksananya sejumlah kegiatan tersebut.

"Namun yang pasti sesuai dengan mekanisme keuangan yang berlaku, untuk kegiatan yang tidak terlaksana harus dikembalikan lagi ke kas daerah. Kalau dinominalkan ada sekitar Rp10 miliar lebih dana yang harus dikembalikan untuk keseluruhan kegiatan yang gagal terlaksana," kata Dedi.

Menurut Dedi, kegiatan yang tidak terlaksana itu dapat kembali diusulkan melalui APBD Perubahan tahun 2016 mendatang. Karena jika dimasukkan ke APBD Murni 2016 tidak memungkinkan lagi lantaran sudah disahkan.

"Bisa jadi diusulkan lagi di APBD Perubahan 2016 nanti kalau uang kita mencukupi," jelasnya.

Sementara itu, secara keseluruhan pelaksanaan kegiatan fisik di lingkungan Pemko Pekanbaru di tahun 2015 ini sudah terealisasi sebanyak 91 persen dengan serapan dana baru sekitar 67,66 persen saja. Masih rendahnya serapan dana, kata Dedi saat ini masih ada pembayaran.

"Sudah terbilang tinggi bisa mencapai 91 persen, untuk serapan dana masih rendah karena bisa jadi masih ada yang dalam proses pembayaran tapi belum masuk dalam laporan kita," tutupnya.

Seperti diketahui, total APBD kota Pekanbaru tahun 2015 setelah perubahan berjumlah Rp3,1 triliun, sebesar Rp1,8 triliun di antaranya dialokasikan untuk membiayai kegiatan fisik dan non fisik. (das)



[Ikuti Terus Riaurealita.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : +62 0823 8944 0487
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Riaurealita.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan

Video