763.063 Warga Riau Belum Rekam KTP-el

763.063 Warga Riau Belum Rekam KTP-el
Ilustrasi.
PEKANBARU - Dinas Kependudukan, Pencatatan Sipil, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Provinsi Riau menyebutkan sebanyak 763.063 orang atau 18,3 persen dari  4.169.352 orang wajib KTP di Riau belum melakukan perekaman KTP Elektronik (KTP-el).
 
"Yang sudah melakukan perekaman KTP-el tercatat sebanyak 3.391.735 orang," kata Kepala Dinas Kependudukan, Pencatatan Sipil, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Provinsi Riau Andra Sjafril di Pekanbaru, Senin (15/5/2017) seperti dilansir Antara.
 
Tahun ini, lanjutnya, Pemerintah Provinsi Riau akan berupaya menuntaskannya sesuai dengan yang ditargetkan oleh pemerintah pusat.
 
"Tahun ini akan diupayakan untuk tuntas, meskipun memang tidak dipungkiri terdapat beberapa kendala di lapangan yang dihadapi oleh kabupaten dan kota," ucapnya.
 
Ia memaparkan berdasarkan laporan dari Satuan Kerja (Satker) terkait di kabupaten/kota di Riau beberapa hambatan itu antara lain adalah letak geografis Riau yang banyak terdapat daerah kepulauan.
 
"Selain itu, keterbatasan anggaran juga membuat Satker di daerah terhambat melakukan upaya jemput bola perekaman KTP-el ke perumahan warga," jelasnya.
 
Di samping itu, terdapat juga kendala lain seperti seringnya gangguan jaringan di daerah kepulauan.
 
Namun, meski demikian, Dinas Kependudukan, Pencatatan Sipil, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Riau tetap akan melakukan pembinaan, koordinasi, serta menyusun perencanaan dan memfasilitasi Satker teknis di kabupaten/kota sebagai strategi untuk menyukseskan program nasional itu.
 
"Kemudian, terkait masalah blangko KTP-el yang sempat terputus, saat ini sudah teratasi, pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri telah mendistribusikan blanko ke kabupaten/kota di Riau. Jadi warga yang sudah merekam tapi belum mendapat e-KTP akan segera mendapatkannya," katanya. (das/ant)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri