Waka Polres Inhil Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Siak 2017

Waka Polres Inhil Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Siak 2017
Waka Polres Indragiri Hilir, Kompol DR Azwar pimpin apel gelar pasukan Operasi Patuh Siak 2017 di ha
TEMBILAHAN - Waka Polres Indragiri Hilir, Kompol DR Azwar pimpin apel gelar pasukan Operasi Patuh Siak 2017 di halaman Mapolres Indragiri Hilir, Selasa (9/5/2017). Operasi Patuh Siak 2017 sudah akan dimulai hari ini dan berlangsung hingga 14 hari kedepan.
 
Dalam amanantnya, Waka Polres Indragiri Hilir, Kompol DR Azwar menyatakan bahwa permasalahan di bidang lalu lintas, telah berkembang dengan cepat dan dinamis. 
 
Perkembangan itu juga menginjak era digital yang mengantarkan operasional order angkutan publik sudah berada dalam genggaman.
 
Modernisasi ini juga perlu diikutidengan inovasi dan kinerja Polri khususnya Polantas, sehingga mampu mengantisipasi segala dampak yang akan timbul dari modernisasi transportasi tersebut, sebagai upaya melaksanakan Program Kapolri Profesional - Modern - Terpercaya (Promoter).
 
Sesuai amanat UU No. 22 Tahun 2009, tentang lalu lintas dan angkutan jalan, Polri diharapkan untuk mewujudkan dan memelihara kamseltibcar lantas, meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan, membangun budaya tertib berlalu lintas dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. 
 
"Keempat point diatas merupakan hal yang kompleks dan tidak bisa ditangani oleh Polantas sendiri, melainkan sinergitas antar pemangku kepentingan menjadi sangat mendasar dalam menemukan akar masalah dan solusinya, yang harus diterima dan dijalankan semua pihak," tuturnya.
 
Salah satu yang menjadi fokus perhatian saat ini adalah keselamatan bagi pengguna jalan, sebagai yang pertama dan utama dalam berlalu lintas. Keselamatan berlalu lintas memang sering diabaikan. 
 
Kesadaran pengguna lalu lintas baik pejalan kaki pengendara kendaraan bermotor maupun pengguna jalan lainnya masih rendah. Masih ditemukan pengendara yang melawan arus lalu lintas serta menggunakan kendaraan bak terbuka untuk transportasi masyarakat. 
 
"Data jumlah kecelakaan lalu lintas Operasi Patuh 2016 sebanyak 2.542 kejadian, meningkat 132 kejadian atau naik 5 % dibanding priode yang sama tahun 2015. Sedangkan jumlah korban meninggal dunia 412 orang, turun 76 orang atau turun 18 %. Jumlah pelanggaran lalu lintas, tahun 2016 sejumlah 750.107, meningkat 18 %, dengan jumlah tilang sebanyak 62.161 lembar dan teguran 12.304 teguran," paparnya.
 
Dia juga berpesan kepada seluruh Personel Operasi agar selalu berdoa kepada Tuhan YME sebelum melaksanakan tugas, utamakan faktor keamanan dan keselamatan dengan mempedomani SOP yang ada.
 
"Hindari tindakan pungli dan Laksanakan tugas Operasi Patuh dengan baik tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat," tukasnya.
 
Pada apel tersebut tampak hadiri Bupati Inhil diwakili oleh Sekda Said Syarifuddin, Dandim 0314/Inhil, diwakili Danramil 03/TPL Kapten Arh Sugiyono, Dan Sub Denpom I / 3 - 4 Tembilahan Kapten CPM Maihendri, Kadishub diwakili Ses Dishub Eviarmon, Kabid Bina Marga Dis PUPR Yusnaldi, Kasi Ops Sat Pol PP Febri, danPerwakilan PT Jasa Raharja Elvan Rahmat. (Guntur)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri