Bappeda Selalu Berkoordinasi dengan Semua Stakeholder

Bappeda Selalu Berkoordinasi dengan Semua Stakeholder
Kepala Bappeda Kota Pekanbaru, Ir. Yusrizal.
PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru saat ini memiliki 34 Organisasi Peringkat Daerah (OPD) yang memiliki tupoksi berbeda-beda termasuk Badan Perencanaan Pembangunan dan Daerah (Bappeda).
 
Bapedda ini bertugas mengawasi dan mengawal perencanaan pembangunan di Kota Pekanbaru. Selain itu, tugas prioritas dari Bapedda adalah perencanaan  tentang pembangunan hingga selesai. Salah satunya mengawasi perencanaan di bidang pendidikan, kesehatan dan yang lainnya.
 
Kepala Bappeda Kota Pekanbaru, Ir Yusrizal mencontohkan seperti melakukan kegiatan pelaksanaan musrenbang, laporan perencanaan lakip, laporan masa jabatan serta laporan akhir tahun. Namun, yang paling penting pada prinsipnya adalah perencanaan pembangunan.
 
Inilah peran Bappeda, harus selalu berkoordinasi dengan semua OPD serta pihak lainnya. Hal itu, dalam menunjang perencanaan pembangunan di Kota Pekanbaru.
 
"Kita hanya sebagai perencanaan. Tetapi, kita harus mengawal pekerjaan pembangunan yang dilakukan oleh setiap OPD yang sudah diangarkan di APBD," kata Yusrizal.
 
Lanjutnya, seperti berapa lama pengerjaaannya, berapa bahanya dan di mana lokasinya, Bappeda harus tahu itu semuanya, sehingga perencanaannya bisa terarah dan tepat sasaran.
 
Suasana rapat Musrenbang di aula Kantor Wali Kota Pekanbaru, beberapa waktu lalu. 
 
Selain itu, pihaknya juga ada program monitor evaluasi pekerjaan (Monep), sehingga apapun pekerjaaan yang akan dilaksanakan bisa dikawal hingga selesai. Program ini untuk mengawasi setiap perencanaan pekerjaan pembangunan.
 
"Jadi, kita tahu apa saja yang menjadi kebutuhan dalam perencanaan yang dilakukan OPD masing-masing. Intinya, perencanaan pembangunan tersebut bisa diketahui, hingga selesai. Intinya Bappeda melakukan perencanaan program pemerintah yang strategis, sehingga lebih baik lagi,'' ujar Yusrizal.
 
Pada prinsipnya Bappeda hanya mengawasi dan mengawal perencanaan pembangunan. Kalau eksekusi pengerjaaannya kan ada di  masing-masing OPD. Jadi, OPD lah yang mekakukan pekerjaaan  hingga selesai,'' ungkap Yusrizal.
 
DikatakanYusrizal, kegiatan musrenbang yang dilakukan selama ini untuk mengetahui secara lengkap apa saja kebutuhan dalam perencaanaan pembangunan. Makanya setiap rapat tentang musrenbang pihaknya selalu ikutkan semua elemen yang terkait. Hal ini, agar perencanaan pembangunan bisa berjalan sesuai keinginan bersama.
 
Setiap melakukan perencaanan, jika pihaknya tidak kuat, akan mengajak kerjasama dengan pihak lainnya seperti dari konsultan, pakar serta ahli tentang pembangunan. Hal itu dilakukan agar apapun perencanaan yang diusulkan bisa sesuai dengan target yang diharapkan.
 
Yusrizal juga mengatakan, bahwa pihaknya harus bisa berkoordinasi dengan semua pihak. Baik itu, di OPD di lingkungan Pemko Pekanbaru, begitu juga dengan pihak lainnya. Hal ini sangat membantu penunjang kinerja penyusunan perencanaan pembangunan. (Adv-Bappeda/Diskominfo)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri