Presiden Park Geun-hye Terjungkal, Rakyat Korsel Pilih Pemimpin Baru

Presiden Park Geun-hye Terjungkal, Rakyat Korsel Pilih Pemimpin Baru
Warga Korea Selatan melakukan pemilihan presiden setelah pemakzulan Park Geun-hye, Selasa (9/5). Ada
SEOUL - Rakyat Korea Selatan (Korsel) hari ini mendatangi tempat pemilihan suara untuk memilih pengganti mantan Presiden Park Geun-hye yang dijungkalkan karena skandal korupsi dan nepotisme.
 
Seperti dilansir Reuters, Selasa 9 Mei 2017, Moon Jae-in is, politikus liberal yang menyerukan pendekatan moderat soal Korea Utara, ingin mereformasi konglomerat kuat yang dijalankan keluarga dan menggenjot anggaran untuk menciptakan lapangan kerja; menjadi kandidat terkuat untuk menggantikan Park.
 
Sementara rival terdekatnya adalah Ahn Cheol-soo dari kubu tengah. Survei Gallup Korea yang dipublikasikan Rabu pekan lalu menunjukkan Moon memperoleh 38 persen dukungan di antara 13 kandidat, dengan sentris Ah Cheol-soo sebagai pesaing terdekat dengan perolehan 20 persen.
 
Moon, yang kalah tipis dari Park dalam pemilu 2012, mengkritisi dua pemerintahan konservatif sebelumnya karena gagal menghentikan perkembangan senjata nuklir Korea Utara. Dia mendukung kebijakan dialog dua jalur sementara mempertahankan tekanan dan sanksi untuk mendorong perubahan.
 
Kemenangan Moon akan memberikan stabilitas yang sangat dibutuhkan Korea Selatan dan diharapkan akan meningkatkan sentimen pasar ketika ekspor telah mendukung pemulihan negara dengan ekonomi terbesar keempat di Asia ini.
 
Pemimpin baru negara diperkirakan akan langsung menunjuk seorang perdana menteri yang mesti disetujui parlemen, dan sejumlah posisi utama kabinet, termasuk menteri keamanan nasional dan menteri keuangan, yang tidak perlu persetujuan parlemen.
 
Pemilihan presiden di Korea Selatan akan mengakhiri berbulan-bulan kekosongan politik. Park dimakzulkan atas tudingan penyuapan dan penyalahgunaan wewenang sehingga menjadi presiden pertama Korea Selatan yang dipilih secara demokratis dan dilengserkan. Dia kini ditahan dan disidang. (max/tmp)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri