Pemkab Siak Galakkan Satu Desa Satu Produk Unggulan

Pemkab Siak Galakkan Satu Desa Satu Produk Unggulan
Bupati Siak, Syamsuar memanen cabai, beberapa waktu lalu.
SIAK - Program satu desa atau kampung dengan minimal satu tanaman buah unggulan digalakan Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Tualang, Kabupaten Siak, Riau.
 
Setiap kampung dapat memiliki produk unggulan masing-masing. Produk yang dikembangkan  memiliki ciri khas yang membedakan dengan kampung lain dalam meningkatkan perekonomian kerakyatan.
 
"Setiap kampung dapat memiliki ciri khas produknya yang bertujuan untuk mengembangkan satu unggulan di kampungnya," ujar Camat Tualang Zalik Efenddi, Selasa (21/3/2017).
 
Seperti di Kampung Perawang Barat memiliki tanamam holtikultura seperti jambu. Setiap kampung memiliki ciri khas tersendiri. Untuk itu, dia berharap penghulu bisa memilih produk unggulan sesuai yang ada di potensi kampungnya.
 
Kampung  tersebut mempunyai ciri khas produk yang dapat ditonjolkan. Dan setiap kampung mesti fokus dengan produk unggulan masing-masing. "Silakan dikembangkan sesuai potensi setempat. Kami ingin satu kampung dengan satu buah produk unggulan," katanya.
 
Dengan kampung memiliki satu produk unggulan sehingga bisa mengundang wisatawan atau orang luar berkunjung ke kampung untuk membeli buah-buahan atau produk masyarakat. "Diharapkan produk unggulan ini dapat menjadi pendapatan bagi masyarakat tempatan," katanya. (max/mcr)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri