Bulog Jamin Ketersediaan Beras untuk Korban Banjir Riau

Bulog Jamin Ketersediaan Beras untuk Korban Banjir Riau
Ilustrasi.
PEKANBARU - Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional Riau-Kepulauan Riau (Kepri) menyatakan sudah menyiagakan sejumlah beras untuk keperluan bantuan wilayah terdampak banjir.
 
"Tinggal Dinas Sosial setempat meminta dan mengajukan ke kabupaten/kota terdampak banjir," kata Kepala Bulog Divre Riau-Kepri Awaluddin Iqbal di Pekanbaru, Ahad (5/3/2017) sebagaimana dilansir Antara.
 
Awaluddin Iqbal menjelaskan setiap kabupaten/kota termasuk provinsi memiliki Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang disediakan oleh Bulog setempat. Gunanya untuk keperluian bencana jika sewaktu-waktu terjadi di suatu daerah. "CBP ini bisa digunakan oleh masing-masing daerah untuk keperluan bantuan akibat bencana," ucapnya.
 
Menurut Awaludin, tiap kabupaten/kota memperoleh kuota CBP sebesar 100 ton beras per tahun. Demikian juga provinsi sebagai pemerintahan lebih tinggi mendapat CBP 200 ton per tahun.
 
Jumlah ini, kata dia, bisa digunakan untuk membantu para korban bencana alam seperti banjir, kebakaran, gempa dan sebagainya. Selanjutnya, jika kuota yang diperuntukan bagi tiap wiayah habis ternyata masih membutuhkan, maka akan bisa menggunakan CBP provinsi di mana berada.
 
"Kalau yang 100 ton habis di kabupaten/kota tersebut belum habis tahun berjalan, maka CBP provinsi sebesar 200 ton bisa digunakan," tuturnya pula. "Jika masih kurang karena bencana besar dan berkepanjangan, bisa diusulkan ke Bulog pusat untuk minta bantuan."
 
Ditanya terkait bencana banjir yang melanda beberapa wilayah di Riau, ia mengakui Bulog sudah menyalurkan bantuan sesuai permintaan pemkab/pemko setempat. "Saya belum hafal siapa saja yang sudah meminta, namun ada beberapa wilayah tahun ini seperti Inhu sudah diberikan bantuan CBP," katanya menambahkan. (max/ant)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri