Program OPD harus Mengerucut kepada Visi Misi Bupati Kampar Terpilih

Program OPD harus Mengerucut kepada Visi Misi Bupati Kampar Terpilih
Asisten I Setdakab Kampar Ahmad Yuzar, S.Sos, MT saat membuka rapat Forum OPD Bidang Pemerintahan d
BANGKIANG - Seluruh Program dan Kegiatan yang diusulkan  oleh setiap Organisasi Perangkat  Daerah (OPD)  pada Renja (rencana kerja) OPD Tahun 2018,  harus bermuara atau mengerucut untuk mewujudkan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Kampar terpilih tahun 2017-2022. Harus ada keselarasan program dan kegiatan dalam mewujudkan visi dan misi Bupati Kampar terpilih lima  tahun kedepan.
 
Demikian disampaikan  Asisten I Setdakab Kampar Ahmad Yuzar, S.Sos, MT saat membuka rapat  Forum Organisasi Perangkat Daerah Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia yang digelar di Gedung Guru Kabupaten Kampar, Bangkinang, Kamis (2/3/2017). “Seluruh program SKPD harus mengerucut ke visi misi bupati terpilih,” tegasnya.
 
Ahmad Yuzar menegaskan bahwa  setiap  yang diusulkan itu tidak ada yang keluar dari visi misi Bupati  terpilih. “Kita subordinasi  dari pimpinan yang lebih tinggi, maka kita harus menuju kesana (visi misi Bupati),” ujarnya.
 
Rapat ini dipimpin oleh Koordinator bidang Pemerintah dan Pembangunan Manusia Drs. M. Yasir Husin yang juga  Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga. Sementara sebagai moderator  Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bappeda Kabupaten kampar Dedy Rochyani, SKM, MKes.
 
Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Dinas dan Badan yang terkait dengan Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia, seluruh Camat se-Kabupaten Kampar dan Kabid di lingkungan Bappeda Kabupaten Kampar, dan pejabat terkait di lingkungan Pemkab Kampar.
 
Rapat Forum OPD Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia ini adalah yang terakhir setelah tiga hari berturut-turut digelar forum perangkat  daerah sesuai bidang masing-masing. Selanjutnya akan digelar pra Musrenbang dan Musrenbang Kabupaten Kampar.
 
Disampaikan Ahmad Yuzar bahwa  kenapa perencanaan ini penting  karena adanya keterbatasan sumber daya yang ada. Sumber daya itu salah satunya adalah pendapatan. “Karena keterbatasan pendapatan maka kita perlu perencanaan,” ujarnya.
 
Mengingat keterbatasan pendapatan ini maka kedepan, setiap OPD yang berpotensi untuk mendapatkan PAD (pendapatan asli daerah), harus menggenjot atau meningkatkan  pendapatannya. “Beri target yang realistis  kepada OPD untuk mendapatkan PAD,” ujarnya.
 
Kemudian Ahmad Yuzar minta karena forum OPD ini  berbicara tentang  pembangunan sumber daya manusia, setidak ada tiga urusan wajib pelayanan dasar di forum sesuai dengan Undang-Undang  Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah  Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016. Yaitu, Kesehatan, Pendidikan, Keamanan dan Ketertiban.
 
“Untuk urusan kesehatan, program kedepan dihimpun seluruhnya dan disondingkan dengan capaian pelayanan minimal (SPM). Untuk urusan pendidikan pastikan seluruh masyaralat Kampar dalam usia belajar mengecam bangku sekolah ini dan ini  tanggung jawab moral kita,” ujarnya.
 
Sementara itu Kepala Bappeda Kabupaten Kampar Ir. H.  Azwan, MSi yang diwakili Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Dedy Rochyani, SKM, Mkes menyampaikan tentang arah paparan tentang Arah Kebijakan dan Prioritas Pembangunan Kabupaten Kampar, Pembangunan Nasional dan Pembangunan Provinsi Riau.  Ia juga menyampaikan apa yang menjadi visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Kampar terpilih Aziz Zainal-Catur Sugeng Susanto.
 
Kemudian Koordinator Forum Perangkat Daerah Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia M Yasir memaparkan kegiatan prioritas  bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia.  Dilanjutkan dengan paparan oleh masing-masing OPD.
 
Usulan prioritas Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga  diantaranya, pengadaan mobiler sekolah, rehabilitasi sedang dan berat sekolah  pembangunan gedung sekolah, penambahan ruang kelas dan sebagainya. Dinas Kesehatan diantaranya  pembangunan puskesmas, puskesmas pembantu, pengadaan puskesmas keliling, pengadaan sarana puskesmas dan banyak lagi program prioritas lainnya. (max/hms)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri