Kado Raja Salman, Lima Keluarga Densus 88 Digratiskan Haji Tiap Tahun

Kado Raja Salman, Lima Keluarga Densus 88 Digratiskan Haji Tiap Tahun
Presiden Joko Widodo dan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud.
JAKARTA - Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud akan menggratiskan ongkos haji untuk lima keluarga anggota Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri setiap tahun. Pemberian khusus itu hanya untuk para personel densus yang terluka atau gugur saat bertugas.
 
Kepala Bagian Mitra Divisi Humas Polri Komisaris Besar Awi Setiyono mengatakan, pemberian tiket naik haji gratis itu merupakan salah satu kesepakatan antara Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, Densus 88, dan pemerintah Arab Saudi pada 2015.
 
"Ada pembicaraan bahwa beliau akan memberikan reward kepada anggota densus yang telah gugur atau terluka. Setiap tahunnya, lima orang dinaikkan haji," ujar Awi di Jakarta, Kamis (2/3/2017) sebagaimana dilansir CNN Indonesia.
 
Berdasarkan data Polri, jumlah anggota Densus 88 yang terluka atau meninggal dunia saat bertugas hingga saat ini mencapai 70 orang. Awi mengatakan, untuk anggota Densus 88 yang meninggal dunia, tiket naik haji gratis akan diberikan kepada ahli waris.
 
Pembebasan ongkos haji gratis itu merupakan bagian dari nota kesepahaman Polri dan kepolisian Kerajaan Arab Saudi terkait pemberantasan tindak terorisme.
 
"MoU ini tentunya menindaklanjuti kegiatan-kegiatan yang dilakukan Polri dan Kepolisian Arab Saudi terkait penanganan pemberantasan terorisme," ujar Awi.
 
Sebelumnya, Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, pada kunjungannya ke Indonesia pekan ini, Raja Salman sepakat memberikan ongkos haji gratis untuk lima keluarga anggota Densus 88. 
 
Ia menilai, kebijakan Raja Salman itu merupakan bentuk keakraban Arab Saudi dan Indonesia. "Mereka (anggota Densus 88) dianggap sebagai syuhada," tutur Pramono. (das/cnn)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri