Susun Rancangan Awal RKPD 2018, Pemkab Inhu Gelar Forum Konsultasi Publik

Susun Rancangan Awal RKPD 2018, Pemkab Inhu Gelar Forum Konsultasi Publik
Pelaksana Tugas Sekda Inhu Hendrizal dalam acara forum konsultasi publik dalam rangka penyusunan ran
RENGAT - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hulu (Inhu) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BPBD) menggelar forum konsultasi publik dalam rangka penyusunan rancangan awal RKPD Inhu tahun 2018 di Aula Bappeda, Senin (20/2/2017).
 
Kegiatan yang dibuka oleh Pelaksana Tugas Sekda Inhu Hendrizal itu, menjadi tahap awal setelah rangkaian pelaksanaan musyawarah rencana pembangunan di tingkat kecamatan yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu.
 
Selain seluruh pejabat di lingkungan Pemkab Inhu, kegiatan itu juga melibatkan para pimpinan BUMN, BUMD, perguruan tinggi, tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta sejumlah perwakilan ketua forum kepala desa se-Kabupaten Inhu.
 
“Forum konsultasi publik ini dilakukan dalam rangka menjaring aspirasi dari pemangku kepentingan demi penyempurnaan lebih lanjut dari rancangan RPJMD Kabupaten Inhu Tahun 2016-2021,” jelas Plt Sekda Hendrizal.
 
Menurut Hendrizal, hasil dari pelaksanaan forum konsultasi public ini nantinya akan menjadi rancangan dalam penyusunan RKPD dan menjadi pedoman rencana kerja perangkat daerah tahun 2018 mendatang. Untuk itu, ia berharap kepada seluruh unsur yang terlibat agar memiliki komitmen dan konsisten untuk melaksanakannya.
 
Dalam forum tersebut, beberapa paparan terkait prediksi pendapatan tahun 2018, rencana pembangunan serta pokok pikiran anggota dewan turut disampaikan oleh Kepala Bapenda Inhu Arif Fadilah, kepala Bappeda Inhu Junaidi Rahmat serta Ketua DPRD Inhu Miswanto.
 
Terkait prediksi pendapatan tahun 2018, Kepala Bapenda Inhu Arif Fadilah mengajak semua pihak untuk membangun sinergitas guna peningkatan pencapaian target pendapatan asli daerah yang sejauh ini dinilai belum maksimal.
 
“Dari nilai APBD Inhu tahun 2018, porsi nilai pendapatan asli daerah Inhu yang salah satunya bersumber dari pendapatan pajak dinilai belum begitu maksimal. Untuk itu, pada kesempatan ini saya berharap kepada semua pihak termasuk tokoh masyarakat dapat berkontribusi mengajak para masyarakat untuk melaksanakan kewajiban tersebut,” jelas Kaban Bapenda Arif Fadilah.
 
Sementara itu dijelaskan Kepala Bappeda Inhu Junaidi Rahmat, sesuai dengan visi Kabupaten Inhu yakni mewujudkan Inhu yang lebih sejahtera tahun 2021 disertai dengan penjabaran misinya, diharapkan kepada seluruh perangkat daerah menjadikan ini sebagai acuan utama dalam penyusunan rencana kerja kedepan.
 
Sedangkan berdasarkan hasil reses yang dilaksanakan anggota DPRD Inhu, menurut Ketua DPRD Inhu Miswanto pada dasarnya penyusunan rencana program berdasarkan prioritas pembangunan pada prinsipnya sama. Namun, jika melihat dari potensi wilayah Inhu yang notabene merupakan zona pertanian, Miswanto mengharapkan agar kedepan sector ini juga menjadi prioritas selain bidang pendidikan dan infrastruktur.
 
Pada sesi diskusi yang digelar dalam forum tersebut, beberapa usulan juga disampaikan termasuk usulan dari Ketua PKK Inhu Rezita Meylani Yopi tentang pengadaan bibit toga dan cabai sesuai dengan program yang digalakkan PKK serta usulan Ketua PWI Inhu Kasmedy tentang kerjasama dalam rangka upaya mendorong masyarakat untuk membayar pajak. (max/rls)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri