Pemkab Inhu Gelar Entry Briefing Bersama BPK Riau

Pemkab Inhu Gelar Entry Briefing Bersama BPK Riau
Acara Entry Briefing yang digelar Pemkab Inhu bersama Tim BPK-RI perwakilan Provinsi Riau di Ruang R
RENGAT - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hulu (Inhu) menggelar pertemuan Entry Briefing bersama Tim Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) perwakilan Provinsi Riau di Ruang Rapat Kantor Bupati Inhu Lantai 4, Senin (6/2/2017).
 
Selain dihadiri para kepala dinas, kepala kantor, kepala badan serta camat, pertemuan yang dipimpin Pelaksana Tugas Sekda Inhu Hendirzal itu juga mengikutsertakan para petugas pelaksana kegiatan termasuk bendahara pengeluaran dan barang di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baik pejabat lama maupun yang baru.
 
Empat anggota tim BPK Riau yang hadir dalam kegiatan itu terdiri Yudi selaku ketua tim rombongan, Jamal, Asmarani dan Dewi. 
 
Menurut Ketua tim rombongan BPK Riau Yudi, pertemuan ini mejadi awal sebelum nantinya dalam tigapuluh hari kedepan (6-7/3/2017), tim BPK Riau akan menjalankan tugas untuk mengumpulkan data terkait penyusunan dan penganggaran program kegiatan di masing-masing perangkat daerah di lingkungan Pemkab Inhu.
 
Ditambahkan Yudi, beberapa focus dalam pengumpulan data awal yang akan dilakukan tim BPK Riau, diantaranya terkait dengan peran pengurus barang terhadap laporan data aset, sinkronisasi antara penyusunan dan laporan program kegiatan dengan Rencana Program Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Inhu serta laporan data proses perpindahan pegawai dan aset terkait pengalihan kewenangan sejumlah SKPD ke provinsi. 
 
 “Saya juga mengharapkan khususnya kepada pejabat pengelola yang lama dan yang baru dapat saling berkoordinasi agar perencanaan penyusunan dan laporan program kegiatan di masing-masing OPD berjalan baik,” ujar Yudi.
 
Sementara itu, menurut Kepala Bappeda Inhu Junaidi Rahmat, sejauh ini Pemkab Inhu melalui tim yang dibentuk juga telah melakukan pengawalan dan pendampingan terhadap penyusunan program kegiatan untuk kemudian secara berkala dievaluasi oleh Pemerintah Propinsi. 
 
“Meski sejauh ini konsistensi penyusunan program tersebut dinilai cukup bagus, namun tentu saja masih belum sempurna dan masih ada yang perlu diperbaiki,” ujar Junaidi Rahmat.
 
Untuk itu, lanjut Junaidi dengan kehadiran tim BPK Riau ini diharapkan nantinya dapat memberikan masukan sekaligus bimbingan kepada seluruh pejabat pengelola keuangan dan barang disetiap OPD dalam upaya mewujudkan penyusunan program kegiatan agar lebih sempurna. (max/rls)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri