1.416 Calon Sarjana UIR Dibekali Kiat Menghadapi Dunia Kerja

1.416 Calon Sarjana UIR Dibekali Kiat Menghadapi Dunia Kerja
Ilustrasi.
PEKANBARU - Sebagai upaya meningkatkan kemampuan dan persaingan yang ketat dalam dunia kerja, Universitas Islam Riau (UIR) memberikan pembekalan kepada calon sarjana melalui Workshop “Langkah Awal Menghadapi Dunia Kerja”.
 
Workshop ini diikuti oleh seluruh calon wisudahan yaitu sebanyak 1.416 orang bertempat di Auditorium Suman HS dan di Aula Pascasarjana UIR, Kamis (2/2/2017) pagi. Workshop yang dilaksanakan sampai petang tersebut dibuka oleh Rektor UIR yang diwakili oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dr Nurman SSos, MSi, di Auditorium Soeman HS Fakultas Hukum.
 
Dalam sambutannya, Nurman mengatakan, Workshop “Langkah Awal Menempuh Dunia Kerja” bukanlah yang pertama kali dilaksanakan oleh UIR dalam mempersiapkan calon sarjana menghadapi dunia kerja.
 
Workshop seperti ini rutin dilaksanakan setiap kali akan melaksanakan kegiatan wisuda, hanya saja pesertanya selama ini terbatas pada calon sarjana dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) diatas 3,70.
 
“Untuk wisuda periode pertama 2017 ini, Workshop Langkah awal menghadapi dunia kerja ini diberikan kepada seluruh mahasiswa yang akan diwisuda. Periode I ini ada 1.538 yang akan diwisuda, baik jenjang srata satu, srata dua maupun yang diploma,” kata Wakil Rektor I.
 
Workshop yang dilaksanakan UIR ini menurut Wakil Rektor I Nurman S.Sos., M.Si. bentuk kepedulian UIR yang menginginkan agar lulusan-lulusan UIR memiliki wawasan dan skill dalam menghadapi dunia kerja.
 
Dalam pelatihan ini, mahasiswa diberikan kiat-kiat bagaimana menulis surat lamaran kerja, teknik menghadapi wawancara, teknik pembuatan Curriculum Vitae (CV), kiat menghadapi psikotest, serta pemberian motivasi kerja. Selain materi menghadari dunia kerja tersebut, peserta juga dibekali dengan kiat-kiat berwirausaha.
 
“Kita sangat mengharapkan sekali, setelah mengikuti pelatihan ini, para lulusan UIR ini memiliki bekal yang cukup, baik dalam mencari kerja maupun dalam membuka usaha mandiri,” jelasnya.
 
Menurut Nurman, setelah workshop ini akan ditindaklanjuti dengan kegiatan UIR Job Career. Dimana UIR akan mengudang perusahaan-perusahaan yang ada di Riau dan diluar Riau untuk membuka lowongan kerja difasilitasi oleh UIR.
 
“Di sini nanti para lulusan UIR bisa langsung memasukan lamaran kerja kepada perusahaan yang diminati. Jadi setelah dibekali dengan wawasan ini, terus dilanjutkan dengan UIR Job Career, begitulah kita menginginkan lulusan kita biar cepat dapat kerja,” katanya. (max/mcr)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri