China Siap Akuisisi Posisi Amerika Serikat sebagai Pemimpin Dunia

China Siap Akuisisi Posisi Amerika Serikat sebagai Pemimpin Dunia
Ilustrasi.
BEIJING - Direktur Jenderal Kerjasama Ekonomi Internasional Kementerian Luar Negeri China, Zhang Jun menyatakan, pihaknya tidak memiliki keinginan untuk menggeser posisi Amerika Serikat (AS) sebagai negara pemimpin dunia. Namun, jika memang dibutuhkan, maka China akan mengakuisisi posisi AS.
 
"Jika ada orang yang mengatakan China ingin memainkan peran kepemimpinan dalam dunia, saya akan mengatakan China tidak terburu-buru mencapai posisi itu. Tapi, para pelari  yang sebelumnya unggul, kini mulai mengendurkan kecepatan," ucap Jun.
 
"Jika China memang dibutuhkan untuk memainkan peran sebagai pemimpin (dunia), maka China akan menerima tanggung jawab tersebut," sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters, Senin (23/1/2017).
 
Di kesempatan yang sama, Jun juga mengatakan China beharap negara-negara kekuatan dunia dapat mengambil langkah kongkret untuk mengembalikan stabilitas dunia, khususnya dalam bidang ekonomi.
 
"Kami masih berharap AS dan negara Barat lainnya dapat terus memberikan kontribusi yang lebih besar untuk pemulihan ekonomi dunia. Kami telah mendengar Donald Trump mengumumkan AS akan mencapai pertumbuhan empat persen dan kami sangat senang tentang itu," tukasnya. (ade/snc)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri