Korut kepada Obama: Susun Saja Rencana untuk Berkemas dari Gedung Putih

Korut kepada Obama: Susun Saja Rencana untuk Berkemas dari Gedung Putih
Kim Jong Un.
JAKARTA - Korea Utara mencemooh Barack Obama karena masih sibuk memasukkan nama adik Kim Jong Un ke daftar hitam hak asasi manusia di akhir masa jabatannya sebagai Presiden Amerika Serikat. Korut pun mengimbau Obama untuk fokus saja berkemas meninggalkan Gedung Putih.
 
"Obama sebaiknya tak membuang-buang waktunya mengurusi masalah hak asasi manusia. Susun saja rencana yang rapi untuk berkemas dari Gedung Putih," demikian kutipan pemberitaan kantor berita pemerintah Korut, KCNA, Senin (16/1/2017).
 
KCNA menuliskan, sebenarnya Obama lah orang yang patut disalahkan atas semakin buruknya situasi HAM di AS dan dunia. "Dia seharusnya bertobat karena telah menyebabkan penderitaan bagi banyak warga Amerika dan orang lain di seluruh pelosok dunia," tulis KCNA.
 
Selama ini, Obama menjalankan kebijakan "kesabaran strategis" dalam menghadapi Korut. Washington menolak semua dialog langsung dengan Korut, kecuali Korut berkomitmen menghentikan program nuklirnya.
 
Setiap Korut melaksanakan uji coba nuklirnya, AS langsung menjatuhkan sanksi ekonomi tanpa melakukan dialog langsung. Menurut pemberitaan KCNA ini, kebijakan AS tersebut justru semakin memacu Korut untuk "mengembangkan kemampuan militer untuk membasmi musuh tanpa ampun."
 
Dalam pidato awal tahunnya, Kim Jong Un mengatakan bahwa Korut sudah memasuki tahap akhir pengembangan rudal balistik antarbenua (ICBM) mereka. Ia mengklaim, ICBM itu dapat menjangkau wilayah AS.
 
Menanggapi ancaman tersebut, presiden terpilih AS, Donald Trump, hanya berkata, "Itu tidak akan terjadi!" (max/cnn)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri