Loading...
RIAU

Kebutuhan Pangan di Riau Masih Bergantung Provinsi Tetangga

PEKANBARU - Kebutuhan pangan di provinsi Riau masih bergantung pada provinsi tetangga. Tak tanggung-tanggung, jumlahnya mencapai 60 persen. Ini dianggap cukup merugikan para petani lokal.

"Kita ingin ada rumusan yang faktual untuk mengatasi masalah ketahanan pangan di Riau. Sekarang ini 60 persen kebutuhan pagan di Riau masih dibantu oleh provinsi tetangga," kata Kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi Riau, Darmansyah seperti dilansir halloriau.com, Jumat (11/12/2015).

Darmansyah menilai, perosalan ketahanan pangan di Provinsi Riau harus diselesaikan dengan cara memberdayakan koordinasi yang intens, serta melibatkan pihak-pihak di lintas sektoral.

Tugas Dewan Ketahanan Pangan daerah dalam hal ini memiliki tanggung jawab penuh untuk membantu pemerintah pusat mengatasi masalah ketahanan pangan di Riau.

"Kami meyakini, setidaknya ada satu daerah yang mampu menjadi sentral ketahanan pangan jika pemerintah berhasil mengelola dengan baik," sambungnya.

Pihak Badan Urusan Logistik (Bulog) Provinsi Riau harus memberikan peran aktif, dengan mengakomodir serta menjaga kestabilan pangan di Riau. Dia meminta agar Bulog membeli ketersediaan pangan kepada petani dengan harga yang lebih tinggi.

Persoalan ini juga menjadi salah satu faktor mengapa ketahanan pangan di Riau sering bermasalah. Profit margin yang diterima petani jauh lebih rendah ketimbang keuntungan yang diperoleh oleh pedagang dan masyarakat.

"Profit margin untuk petani di bawah 27 persen. Sangat jauh bedanya dengan keuntungan yang diperoleh pedagang dan masyarakat. Dukungan yang lemah terhadap petani itulah yang selalu menjadi masalah ketersedian pangan di Riau," sambungnya.

Perbaikan distribusi tata kelola niaga disektor pangan ini perlu diperhatikan pemerintah. Faktanya yang menunjukkan bahwa tata niaga sejumlah komuditas pangan itu menunjukkan bahwa tidak adanya keseimbangan profit margin yang jelas. (das/hrc)



[Ikuti Terus Riaurealita.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : +62 0823 8944 0487
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Riaurealita.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan

Video