Limbah PKS PT Indo Makmur Berjaya Diduga Cemari Sungai di Rohul

Limbah PKS PT Indo Makmur Berjaya Diduga Cemari Sungai di Rohul
Ilustrasi.
PASIR PANGARAIAN - Pabrik Kelapa Sawit (PKS) milik PT Indo Makmur Sawit Berjaya yang berada di Dusun Surau Tinggi Desa Rambah, Kecamatan Rambah Hilir, Kabupaten Rokan Hulu  diduga membuang limbah di anak Sungai Batang Lubuh. 
 
Menurut informasi yang disampaikan salah seorang warga setempat, Imran, Kamis (25/8/2016) mengaku pada saat kejadian dirinya tengah menyadap karet di kebun yang berada tidak jauh dari lokasi anak sungai Batang Lubuh. 
 
Usai menyelesaikan pekerjaanya, dirinya bermaksut untuk membersihkan diri di sungai tersebut, namun dirinya dikejutkan dengan warna air sungai yang tiba-tiba berwarna kehitaman. 
“Air sungai tiba-tiba berubah warna dan mengalir deras, padahal musim kemarau, kok tiba-tiba air sungai membesar,” katanya. 
 
Pada saat kejadian, dirinya juga melihat sejumlah ikan yang mulai mabuk dan mati. Dirinya menduga PKS PT Indo Makmur Sawit Berjaya yang berada di hulu sungai telah mencemari sungai. “Terbukti dengan adanya sejumlah ikan yang mati di sungai, diduga karena terkontaminasi oleh limbah sawit,” jelasnya. 
 
Sambungnya, untuk menjadi bukti bahwa PKS telah membuang limbah ke sungai, dirinya sengaja mengambil sample air dan ikan yang telah mati. “Tadi sudah saya ambil sampel air dan ikan yang mati supaya menjadi alat bukti. Perusahaan tidak hanya sekali ini saja ketahuan membuang limbahnya kesungai. Namun sudah sering,” paparnya. 
 
Dalam pada itu, diterangkannya anak sungai tersebut digunakan warga sekitar untuk keperluan sehari-hari seperti MCK. Namun setelah kejadian ini, dirinya bersama warga sekitar tidak berani menggunalan air karena telah takut keracunan dan terjangkit penyakit.
 
Sementara itu, Manajer PKS PT. Indomakmur Sawit Berjaya, Edi Gunawan saat di didatangi kekantornya, tidak berada ditempat. Ketika dihubungi melalui via seluler hingga beberapa kali tidak bersedia memberikan keterangan. (max/mcr)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri