Pembukaan Jambore Nasional ke-X di Cibubur

Walikota Pekanbaru Terima Penghargaan Lencana Melati dari Presiden

Walikota Pekanbaru Terima Penghargaan Lencana Melati dari Presiden
Presiden RI Joko Widodo mengalungkan Penghargaan Lencana Melati Pramuka kepada Walikota Pekanbaru DR
JAKARTA - Prestasi membanggakan kembali diraih oleh Walikota Pekanbaru, dalam pembukaan Jambore Pramuka Nasional yang berlangsung di Cibubur Jakarta, Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT mendapat penghargaan Lencana Melati dari Presiden Republik Indonesia, yang dilangsung oleh Presiden RI Joko Widodo, Ahad (14/8/2016) di hadapan sekitar 25 ribu kontingen Pramuka dari seluruh Indonesia  di Bumi Perkemahan Cibubur.
 
Walikota Pekanbaru adalah kepada daerah satu-satunya dari Riau yang menerima langsung penghargaan tersebut dari Presiden Republik Indonesia. Yang mana menurut Ketua Kwarnas Pramuka Adyaksa Daud bahwa penghargaan tersebut diberikan kepada para tokoh yang memiliki kepedulian yang tinggi terhadap gerakan pramuka.
 
Dari pantauan dillapangan turut hadir dari Riau dalam acara besempena Hari Pramuka ke 55 tersebut, Gubernur Riau  Juliandi Rachman, Kwarda Riau Azaly Johan, serta para kontingen dari Kabupaten kota se-Riau.
 
Presiden Jokowidodo dalam pengrahannya menyampaikan bahwa gerakan kepanduan saat ini sangat diperlukan dalam membekali generasi muda bangsa sebagai penerima estapet kepemimpinan bangsa ke depan.
 
“Mari kita sosialisasikan gerakan kepanduan ini melalui berbagai media, baik media social, masyarakat, terutama melalui  media pendidikan,’’ ajak presiden.
 
Sementara Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT yang didampingi oleh Kakwarcab Pekanbaru Drs Azharisman Rozie MSi dan  Zoelfahmi Adian, serta Kabag Humas Rizal, menyampaikan bahwa pengrhargaan tersebut merupakan prestasi dan dedikasi dari para Pembina dan pelatih Pramuka di Pekanbaru.
 
“Lencana ini adalah prestasi kita semua. Yang saya persembahkan dan saya dedikasikan kepada seluruh pegiat Gerakan Pramuka di Pekanbaru. Juga kepada para kakak-kakak Pembina dan pelatih pramuka serta para kakak-kakak Kwarda Riau dan Kwarcab Pekanbaru, Salam Pramuka,’’ ujar Walikota dengan penuh semangat.
 
Dalam kesempatan yang sama, Kakwarcab Pekanbaru Drs Azharisman Rozie MSi  di tempat yang sama menjelaskan bahwa Penghargaan bergengsi dari Gerakan Pramuka tersebut sangat layak diterima  oleh Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT karena sejak awal kepemimpinan Firdaus-Ayat, perhatian Pemko Pekanbaru terhadap gerakan Pramuka sangat tinggi.
 
“Tahun 2012 lalu, aktifitas gerakkan Pramuka tidak begitu terasa, sementara pakaian parmuka tetap dipakai di sleuruh sekolah yang hanya sebatas uniform.  Lalu Walikota Pekanbaru selaku Kamabicab mengintruksikan kepada Kakwarda dan jajaranna agar segera melakukan pembenahan dan peningkatan aktifitas kepanduan,’’ ujar Haris yang juga Kadispenda ini.
 
Selanjutnya menurut Haris, Walikota dan Kawarcab melakukan iventarisasi terhadap perlmasahan yang diketahui ternyata sebagian besar sekolah di Pekanbaru belum memeliki gugus depan.
 
“Sekarang seluruh sekolah di Pekanbaru telah memiliki gugus depan. Kepedulian lainnya yang dilakukan  Walikota adalah dengan membangun kawasan Bumi Perkemahan di tanayan yang saat ini sudah mulai difungsikan,’’ ulas Haris. (das/hms)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri