Setelah Dapat Sanksi di AS dan Korsel, Volkswagen Juga Kena Hukuman di Italia

Setelah Dapat Sanksi di AS dan Korsel, Volkswagen Juga Kena Hukuman di Italia
Ilustrasi
ROMA - Masalah mobil bermesin diesel Volkswagen belum tuntas. Setelah Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan (Korsel) yang sudah memberi sanksi, kini giliran Italia.
 
Automotive News, Senin (8/8/2016) melaporkan, regulator perdagangan di Italia menyatakan menghukum denda Volkswagen 5 juta euro atau Rp 72,8 miliar karena memberikan informasi yang salah kepada konsumen terkait emisi mobil diesel.
 
Sama seperti di negara lain, tuntutan buat Volkswagen karena memasang perangkat khusus pada mobil diesel yang membuat emisinya lebih rendah saat pengujian. Setelah dipakai konsumen ternyata kadarnya tidak sesuai. AS yang pertama kali membongkar kasus ini dan Volkswagen sudah mengakuinya.
 
Denda dari Italia tergolong lunak jika dibandingkan hukuman yang baru saja dijatuhkan Korea Selatan, yakni 16 juta dollar AS (Rp 210 miliar). Akan tetapi Korea Selatan masih belum apa-apa ketimbang AS yang memaksa Volkswagen membayar denda hampir 15 miliar dollar AS (Rp196 triliun).
 
Hebatnya Volkswagen, kendati banyak masalah, tetap bisa mempertahankan penjualan globalnya. Bahkan, perusahaan asal Jerman ini masih tercatat sebagai produsen otomotif terbesar di dunia, periode Januari-Juli 2016, dengan 5,12 juta unit mobil. (ade/kcm)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri