Masyarakat Berharap Pemkab Kuansing Maksimalkan Festival Pacu Jalur

Masyarakat Berharap Pemkab Kuansing Maksimalkan Festival Pacu Jalur
Ilustrasi.
TELUK KUANTAN - Pemerintah Daerah Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau berupaya memaksimalkan program pelaksanaan festival pacu jalur tradisional pada tahun ini, agar bisa bergema di tingkat nasional.
 
"Kami sebagai masyarakat merasa bangga atas berlangsungnya acara yang mengundang wisatawan tersebut," kata salah satu warga Kuantan Singingi, Rendri di Teluk Kuantan, Kamis (4/8/2016).
 
Ia mengatakan, Bupati dan Wakil Bupati terpilih hendaknya benar-benar optimalkan festival hingga dapat mengundang jutaan pengunjung dan ratusan pejalur dari berbagai daerah hingga Kuansing dipadati masyarakat dan menjadi tujuan wisata tahunan.
 
Masyarakat akan dapat memetik hasil dari program tersebut, namun agar semua berjalan lancar pemerintah daerah harus menyediakan semua fasilitas dalam mendukung terealisasinya kegiatan besar dan tahunan itu. "Saya setuju Pemkab memberkan pinjam pakai alat transportasi untuk panitia," sebutnya.
 
 
Ketua Panitia pelaksana festival Chaidir Arifin mengatakan, semua akan berjalan sesuai harapan, namun dukungan semua pihak perlu dioptimalkan, penyediaan berbagai fasilitas dari pemerintah setempat dipandang penting agar semua berjalan aman, lancar. "Kami juga diberikan pinjam pakai kendaraan operasional," ujarnya.
 
Ia mengatakan, dirinya tidak pernah mendapatkan pemberian mobil dinas dari Pemkab Kuansing, mobil plat merah yang saat ini digunakan hanya pinjam pakai selama kegiatan prgram festival.
 
Mobil plat merah BM 1307 K itu dipinjamkan Pemkab Kuansing kepada panitia festival pacu jalur (FPJ) 2016, selain itu juga meminjamkan speed boat dan ruang Sekretariat dengan tujuan untuk menunjang Pelaksanaan Festival Pacu Jalur 2016. "Festival pacu jalur adalah agenda Pemkab Kuansing dan ini merupakan amanah UU nomor 10 tahun 2009 tentang Kepariwisataan," ujarnya.
 
Pemerintah wajib melestarikan budaya, Chaidir menyebutkan peminjaman itu bukan untuk selamanya dan didukung oleh bukti peminjaman  didasarkan atas surat yang ditandatangani Kabag Perlengkapan Syafrianto dan Chaidir Arifin selaku Ketua Panitia Pelaksana FPJ 2016. "Catat, peminjaman itu bukan untuk keperluan pribadi Chaidir Arifin, apalagi untuk Tim Sukses Mursini dan Halim dan jangan terlalu mengada-ada," tegasnya.
 
Perhatian Pemerintah kabupaten untuk membantu berbagai kebutuhan pelaksaaan iven nasional itu sangat dibanggakan. (max/ant)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri