MTQ Nasional di NTB, Delapan Qari Asal Kampar Wakili Riau

MTQ Nasional di NTB, Delapan Qari Asal Kampar Wakili Riau
Ilustrasi
BANGKINANG - Meski Kafilah MTQ Kabupaten Kampar hanya menduduki peringkat ke-9 pada MTQ Tingkat Provinsi Riau yang dilaksanakan di Kabupaten Siak beberapa waktu lalu, akan tetapi delapan Qari asal Kabupaten Kampar mewakili Kafilah Provinsi Riau pada perhelatan MTQ yang dilaksanakan di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada tahun ini.
 
Kedelapan qari tersebut adalah Emisar yang turun pada Cabang Khattil Qur’an golongan Kontemporer Putri, Salsabila yang turun pada Cabang Tilawah al-Qur’an golongan Anak-anak Putri, Hanifa Fani Maharani yang turun pada Cabang Tilawah al-Qur’an golongan Remaja Putri, M. Salim Amani cabang Hifzil Qur’an golongan 1 Juz Putra, Adinda Mustaqimah cabang Hifzil Qur’an golongan 1 Juz Putri, Belmiro Refza Marta pada Cabang Hifzil Qur’an golongan 5 Juz Putra dan Nurhasima Cabang Hifzil Qur’an golongan 30 Juz Putri, dan Yurasdi Cabang Tafsir al-Qur’an Golongan Bahasa Indonesia Putra.
 
Demikian disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama, Drs H Fairus MA, hari ini senen (01/08) di ruang kerjanya. Hal ini, lanjut Fairus, menunjukkan bahwa kualitas Qari dan Qari’ah Kampar tidak kalah dengan daerah lain walaupun pada pelaksanaan beberapa MTQ Tingkat Provinsi terakhir peringkat Kafilah Kabupaten Kampar tidaklah terlalu membanggakan.
 
Akan tetapi Fairus menekankan bahwa pembinaan bibit daerah harus lebih didahulukan dari pada sekedar perbaikan peringkat pada pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi.
Terakhir Fairus mengharapkan, semoga pada pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi di masa yang akan datang yang tampil adalah qari dan qariah daerah yang akan membumikan al-Qur’an di bumi lancang kuning, bukan qari dan qariah bayaran dari luar. (max/mcr)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri