Sering Terjadi Kebakaran Akibat Arus Pendek, Warga Rohul Minta Pemda Perbaiki Kelistrikan

Sering Terjadi Kebakaran Akibat Arus Pendek, Warga Rohul Minta Pemda Perbaiki Kelistrikan
Dua Belas kios atau los di Pasar Baru Ujungbatu dan sebuah rumah permanen di Kecamatan Ujungbatu, Ka
PASIR PANGARAIAN - Selama setahun ini, Pasar Baru Ujungbatu, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) sudah dua kali terjadi kasus kebakaran kios. Kejadian yang sama terulang kembali, Kamis (28/7/2016) sekitar pukul 19.30 WIB sebanyak 12 kios di RT 01/ RW 04 Pasar Baru Ujungbatu hangus terbakar.
 
Selain menghanguskan kios, api juga sempat menyambar atap rumah pemilik kios, H Syafrudfin Ali yang lokasinya berdampingan dengan kios miliknya. Penyebab awal terjadinya perisiwa kebakaran tersebut diduga karena arus pendek listrik yang akhir-akhir ini tidak stabil.
 
Warga setempat meminta kepada Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu untuk mengambil kebijakan mengatasi persoalan krisis listrik. Karena, dari setiap kejadian kebakaran penyebabnya karena arus pendek arus listrik yang menimbulkan percikan api.
 
Salah seorang saksi mata melihat kejadian, Adrial menyampaikan, kios yang terbakar tersebut empat unit kios permanen sementara delapan unit lagi berbahan bangunan kayu. Sambungnya, api mulai terlihat dari kios penjual santan.
 
“Melihat kejadian tersebut, saya kemudian minta tolong ke warga lain, dan terus berupaya memadamkan api dengan cara menyiramkan air pakai selang,” kata Adrial yang mengaku sempat panik.
 
Lanjutnya lagi, karena menggunakan alat manual, pemadaman api tidak begitu maksimal. Akibatnya, jilatan api kian membesar, hingga kemudian melalap bangunan lain yang hanya berbatasan papan.
 
Lebih jauh lagi, sambungnya selang beberapa saat setelah kejadian, petugas pemadam kebakaran dari BPBD Rohul dan Pos Damkar Ujungbatu turun ke lokasi kebakaran, dan langsung melakukan pemadaman.
 
Lebih dalam lagi, dirinya berharap kepada Pemda Rohul untuk segera mengatasi persolan listrik yang terjadi di daerahnya. Karena, jika krisis listrik ini terus berlarut akan lebih banyak lagi rumah warga yang akan menjadi korban.
 
Pada kesempatan yang sama, Kepala Pos Damkar Ujungbatu , Danton Suwendi menyampaikan, untuk memadamkan api yang membakar kios warga tersebut, tujuh unit mobil Damkar diturunkan ke lokasi kejadian.
 
“Dua mobil Pos Damkar Ujungbatu, tiga dari BPBD Pasir Pengaraian, ditambah satu Mobil Damkar dari PT SAI dan Satu lagi dari Dinas Pertamanan Rohul,” jelasnya. (max/mcr)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri