Kecamatan Pasir Penyu Juara Umum Lomba Masak Serba Ikan

Kecamatan Pasir Penyu Juara Umum Lomba Masak Serba Ikan
Wakil Bupati Inhu H Khairizal foto bersama pemenang lomba masak serba ikan. (hms)
RENGAT - Kecamatan Pasir Penyu berhasil meraih juara umum lomba masak serba ikan yang diselenggarakan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Inhu, Rabu (27/7/2016).
 
Acara yang digelar di halaman Dinas Peternakan dan Perikanan ini dihadiri langsung Wakil Bupati Inhu H Khairizal serta Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Riau Tien Mastina.
 
Lomba ini diikuti peserta dari seluruh kecamatan se Kabupaten Inhu. Ada tiga kategori yang dilombakan, diantaranya lomba masak serba ikan menu keluarga, menu balita dan menu kudapan dengan berbahan dasar ikan laut dan air tawar yang merupakan potensi asli Inhu.
 
Pada lomba yang digelar sehari itu, juara pertama untuk kategori menu keluarga berhasil diraih Kecamatan Pasir Penyu, juara kedua Kecamatan Lubuk Batu Jaya diikuti Kecamatan Peranap untuk juara ketiga.
 
Untuk kategori menu balita, juara pertama diraih Kecamatan Rengat, juara kedua Kecamatan Pasir Penyu dan juara ketiga Kecamatan Lubuk Batu Jaya. Sedangkan untuk kategori menu kudapan juara pertama diraih Kecamatan Pasir Penyu, juara kedua Kecamatan Lubuk Batu Jaya dan juara ketiga berhasil diraih Kecamatan Rengat.
 
Wakil Bupati Inhu H Khairizal berharap lomba ini mampu menarik minat masyarakat untuk meningkatkan konsumsi ikan sekaligus mengembalikan potensi Inhu sebagai salah satu sumber penghasil ikan tawar.
 
Selain itu, melalui lomba ini diharapkan mampu menghadirkan menu-menu baru yang berbahan dasar ikan sehingga semakin menarik minat masyarakat untuk lebih menyukai ikan dan meningkatkan konsumsi ikan.  
 
“lomba ini menuntut kita untuk menciptakan berbagai macam menu guna meningkatkan konsumsi masyarakat terhadap ikan. Dulunya Inhu adalah daerah sumber ikan air tawar  tapi sekarang mengalami penurunan, ini merupakan tantangan bagaimana cara kita mengembalikannya seperti semula yaitu sebagai daerah sumber ikan air tawar,” ujar Wabup saat memberikan arahannya.
 
Tantangan lain, lanjut Wabup, bagaimana agar kreasi menu yang diciptakan dapat digemari masyarakat, terutama anak-anak sebagai generasi penerus bangsa. Untuk itu, ia berharap agar peserta mampu memunculkan menu-menu baru dengan berbahan dasar ikan.
 
Turut hadir pada lomba tersebut Ketua PKK Inhu Hj Marlinawati Khairizal serta sejumlah pejabat dan tamu undangan lainnya. (max/hms)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri