Pj Wako Pekanbaru Pastikan Program Makan Bergizi Gratis Siap Jalan

Pj Wako Pekanbaru Pastikan Program Makan Bergizi Gratis Siap Jalan
Pj Wali Kota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa

Pekanbaru - Pj Walikota Pekanbaru Risnandar Mahiwa, memastikan bahwa pemerintah kota siap untuk menjalankan program makan bergizi gratis yang dicanangkan pemerintah pusat. Hal ini disampaikan Risnandar usai meninjau simulasi makan bergizi gratis di dua sekolah, Kamis (12/9/2024).

Simulasi makan bergizi gratis ini dilaksanakan di SD Negeri 68 dan SMP Negeri 32 Pekanbaru. Pemerintah kota menyiapkan 1.000 porsi paket makanan bergizi gratis dan diberikan saat makan siang.

"Simulasi ini kita ambil untuk melihat dan permasalahan-permasalahan jika program ini dilaksanakan di Kota Pekanbaru. Dan Alhamdulillah lancar, karena sebelumnya juga sudah dilakukan oleh pihak ketiga di SD Pekanbaru," kata Risnandar Mahiwa.

Simulasi ini akan menjadi bahan acuan untuk evaluasi program presiden terpilih Prabowo-Gibran kedepan. Perbaikan-perbaikan bakal dilakukan untuk penyempurnaan program ini. Rencananya program ini bakal diterapkan pada tahun depan.

Berkaca dari simulasi, Risnandar memastikan bahwa Kota Pekanbaru siap melakukan program makan bergizi gratis tersebut. Saat ini, Pemko Pekanbaru hanya tinggal menunggu petunjuk teknis dari kementerian maupun lembaga yang menangani terkait program tersebut.

"Sebenarnya kita Kota Pekanbaru siap melaksanakan program ini.
Intinya kita tinggal melihat juknisnya di kementerian atau lembaga terkait yang menangani gizi ini," jelas Risnandar.

Risnandar turut didampingi Sekretaris Daerah Indra Pomi Nasution, Kepala Dinas Pendidikan Abdul Jamal, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Maisisco, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan M Firdaus saat meninjau simulasi ini.

Sementara untuk satu paket makanan ini senilai Rp15 ribu. Kemudian menu makanan yang diberikan kepada siswa di antaranya, nasi, daging ayam, telur, sayur, pisang, serta susu.

Pada tahap simulasi ini, masing-masing siswa membawa minuman sendiri. Pasalnya, untuk program makan siang gratis ini tidak menyediakan air mineral. 


Berita Lainnya

Index
Galeri