Hati-hati! Jangan Berikan Data Pribadi ke Oknum yang Mengaku dari Disdukcapil

Hati-hati! Jangan Berikan Data Pribadi ke Oknum yang Mengaku dari Disdukcapil
Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru Irma Novrita

Pekanbaru - Warga Kota Pekanbaru diminta untuk mewaspadai petugas yang mengatasnamakan dari Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil). Warga jangan sembarangan memberikan data kependudukan terhadap petugas palsu tersebut.

Aksi oknum tak dikenal atau OTK yang mengaku bisa membantu aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) sudah marak sejak sepekan terakhir. Mereka dengan modus itu lantas meminta sejumlah data pribadi dari warga.

"Jangan berikan data pribadi sembarangan, ini peringatan waspada bagi warga Kota Pekanbaru," kata Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru Irma Novrita, Senin (2/9/2024).

Ia menuturkan, belakangan marak aksi penipuan mencatut institusi Disdukcapil Kota Pekanbaru. Ada juga yang mengatasnamakan dari Ditjen Dukcapil Kementrian Dalam Negeri.

Mereka mencoba menipu warga dengan modus yang beragam. Ia mengimbau warga untuk mengabaikan oknum yang seenaknya mencatut Disdukcapil Kota Pekanbaru maupun Ditjen Dukcapil.

"Abaikan saja atau blokir nomor telpon, sms dan WhatsApp oknum yang hendak menipu itu," ujar Irma.

Dirinya berulang kali mengingatkan warga agar tidak mudah percaya dengan oknum yang mengirimkan pesan tidak jelas ke ponsel. Lalu oknum tersebut memberi tautan dan meminta pengguna ponsel memencet tautan itu.

"Jangan sampai kita klik tautannya, apalagi kita sampai diminta mengunduh aplikasi," terangnya.

Irma menjelaskan bahwa pihaknya tidak pernah melakukan klarifikasi kependudukan dengan cara mengirimkan tautan. Mereka juga tidak bakal meminta untuk mengunduh aplikasi apa pun lewat telpon, SMS dan pesan Whats APP.

"Maka kita imbau jaga data kependudukan, waspada terhadap oknum yang hendak meretas ponsel kita," pungkasnya.


Berita Lainnya

Index
Galeri