Duet Nokia-Android Siap Ramaikan Pasar Gadget Tahun Ini

Duet Nokia-Android Siap Ramaikan Pasar Gadget Tahun Ini
Ponsel berlabel Nokia dilaporkan akan kembali meramaikan pasar gadget tahun ini.
JAKARTA - Ponsel berlabel Nokia dilaporkan akan kembali meramaikan pasar gadget tahun ini. Sekarang, merek yang sempat hilang setelah dibeli Microsoft itu akan memakai sistem operasi Android besutan Google.
 
Situs teknologi Nokia Power User memberitakan, saat ini sedang dikembangkan dua ponsel pintar Android yang rencananya akan diluncurkan dengan label Nokia jelang akhir 2016. 
 
Situs ini juga menyebut informasi soal ponsel Nokia seri C1 dan P1 yang tersebar di Internet selama ini belum dapat dikonfirmasi kebenarannya.
 
Sementara itu, seorang sumber terpercaya menyebut ada dua ponsel kelas premium Nokia yang sudah memasuki tahap purwarupa. Ponsel itu dilapisi bahan metalik dan didesain dengan kesan kuat dan kokoh yang selama ini melekat pada produk Nokia asal Finlandia. Dan tak lupa ponsel ini dilaporkan membawa fitur anti air dan debu IP68.
 
Soal spesifikasi, Nokia Power User menyebut dua ponsel pintar yang dimaksud akan ditenagai versi terbaru Android, Nougat. 
 
Untuk kamera, disebut akan menyertakan sensor paling sensitif sepanjang masa dan bermaterial graphene. Sensor sidik jari juga diperkirakan akan turut melengkapi fitur keduanya.
 
Satu di antaranya mengusung layar 5,2 inci sementara yang lain dilengkapi layar 5,5 inci. Meski belum terkonfirmasi, panel layar tersebut diperkirakan berjenis OLED dengan resolusi qHD.
 
Dari sisi antarmuka, sumber juga mengatakan Nokia terus menyempurnakan tampilan Z-Launcher untuk Android yang sudah diperkenalkan sejak tablet N1 diluncurkan. Saat ini, versi beta launcher itu tersedia untuk umum dan dapat diunduh via Google Playstore. (max/cnn)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri