Gantikan David Cameron, Theresa May Duduki Kursi Perdana Menteri Inggris

Gantikan David Cameron, Theresa May Duduki Kursi Perdana Menteri Inggris
Theresa May
JAKARTA - Menteri Dalam Negeri Inggris Theresa May akan menjadi Perdana Menteri baru Inggris menggantikan David Cameron. Ia akan resmi dilantik pada hari Rabu, 13 Juli mendatang.
 
"Saya merasa terhormat terpilih oleh Partai Konservatif untuk menjadi pemimpin mereka," kata May seperti dikutip oleh Reuters. Saat ini, Partai Konservatif masih menjadi partai terkuat di Inggris.
 
Setelah David Cameron mundur, kursi perdana menteri diperebutkan antara May dan Menteri Junior di Departemen Energi dan Perubahan Iklim, Andrea Leadsom. Pada Senin, di luar dugaan publik Inggris, Leadsom mundur dari persaingan, dan balik mendukung May.
 
May, 59 tahun, merupakan politikus pendukung Brexit pada referendum akhir bulan lalu. Ia menyatakan pilihan Inggris keluar dari Uni Eropa akan berbuah manis. "Brexit berarti Brexit, dan kita akan membuatnya sukses," kata May.
 
Cameron mundur sebagai peerdana menteri pada 24 Juni lalu. Keputusan Cameron dilandasi oleh hasil jejak pendapat yang menunjukan para pemilih ingin Inggirs keluar dari Uni Eropa.
 
Sebelum menjadi calon perdana menteri dari Partai Konservatif, May menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri Inggris sejak 2010. Jika resmi diangkat pada posisi barunya itu, May akan menjadi Perdana Menteri wanita kedua setelah Margaret "Iron Lady" Thatcher. (max/tmp)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri