Dalam 24 Jam, Arab Saudi Diguncang 3 Bom, Terakhir Meledak di Kawasan Masjid Nabawi

Dalam 24 Jam, Arab Saudi Diguncang 3 Bom, Terakhir Meledak di Kawasan Masjid Nabawi
Kepulan asap hitam akibat serangan bom bunuh diri di dekat markas keamanan Masjid Nabawi, Arab Saudi
JAKARTA - Bom bunuh diri meledak di dekat markas keamanan Masjid Nabawi, Arab Saudi. Kejadian ledakan ini dilaporkan oleh Al-Arabiya TV. 
 
Mengutip Independent, gambar-gambar di media sosial memperlihatkan asap hitam yang mengepul dari dekat masjid. Menurut laporan CNN, bom bunuh diri ini menewaskan empat orang. Serangan bom bunuh diri tersebut terjadi pada malam Idul Fitri yang menandai akhir bulan suci Ramadan. 
 
Masjid ini merupakan tempat suci ke-dua bagi kaum Muslim selain Masjidil Haram di Mekkah. Masjid tersebut dibangun sendiri oleh Nabi Muhammad setelah hijrah di Madinah. Di dalam masjid itu pun terdapat makam Sang Rasul.
 
Serangan bom bunuh diri ini merupakan serangan bom ketiga yang terjadi di Arab Saudi dalam kurun waktu 24 jam. 
 
Ledakan bom ini menyusul adanya ledakan dua bom bunuh diri di parkiran mobil Masjid di Qatif. Mengutip Reuters, seorang saksi mata mengatakan satu ledakan menghancurkan sebuah mobil yang diparkir di dekat masjid. Tak lama, sebelum pukul 19.00 waktu setempat, ledakan lain pun menyusul. Ledakan tersebut diduga timbul karena adanya bom bunuh diri.
 
Akibat bom bunuh diri ini, saksi mata mengatakan bahwa ada banyak bagian tubuh orang yang diduga penyerang, tersisa di daerah ledakan. 
 
Sebelumnya, bom bunuh diri juga terjadi di Jeddah, dekat konsulat AS. Ledakan di dekat konsulat AS ini menyebabkan dua petugas keamanan mengalami luka ringan. elaku serangan tersebut awalnya memarkir mobilnya di depan rumah sakit di dekat kantor konsulat sekitar pukul 02.15 waktu setempat. Ia kemudian memicu alat ledaknya, membunuh dirinya sendiri.
 
Beberapa saksi mata mengatakan kepada Reuters bahwa setelah itu, ada tiga ledakan lainnya di sekitar lokasi tersebut. (max/cnn)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri