Di Rohul, Salat Idul Fitri Digelar di 530 Titik Ini

Di Rohul, Salat Idul Fitri Digelar di 530 Titik Ini
Kepala Kantor Kemenag Rokan Hulu Ahmad Supardi Hasibuan.
PASIR PANGARAIAN - Kementerian Agama (Kemenag) Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau menyebutkan pelaksanaan salat Idul Fitri 2016 bakal digelar di 530 titik yang tersebar di 16 kecamatan.
 
"Total ada 530 titik, terdiri dari 514 titik berada di masjid dan 16 titik berada di lapangan pada 16 kecamatan se-Rokan Hulu," kata Kepala Kantor Kemenag Rokan Hulu Ahmad Supardi Hasibuan seperti dilansir Antara, Senin (4/7/2016).
 
Menurutnya, secara otomatis maka diperlukan 530 orang imam yang akan memimpin pelaksanaan salat Id yang akan dimulai sekitar jam 7.00 WIB dan jumlah yang sama untuk khatib.
 
Ditambah lagi, kata dia, orang yang memandu takbir baik berada di masjid atau di lapangan sebelum pelaksanaan salat Id dengan jumlah lebih banyak lagi karena takbir bisa dipimpin oleh beberapa orang secara bergantian.
 
"Alhamdulillah, untuk khatib Salat Id, kita di Rokan Hulu tidak ada masalah. Karena sudah dipersiapkan oleh pengurus masjid sejak jauh hari sebelum pelaksanaan. Khatib salat lazimnya jadi masalah, ketika pengurus masjid mencarinya di waktu dekat," katanya.
 
Ahmad juga membeberkan 530 titik tempat pelaksanaan salat Id tersebut dengan rincian 50 masjid di Kecamatan Rambah, lalu 55 masjid dan satu lapangan di Tambusai, 43 masjid di Tandun serta 28 masjid dan satu lapangan di Kepenuhan.
 
Lalu 25 masjid dan satu lapangan di Kecamatan Kunto Darussalam, 30 masjid dan satu lapangan di Rokan IV Koto, 52 masjid di Rambah Samo, 12 masjid dan tujuh lapangan di Rambah Hilir, 36 masjid di Bangun Purba, 77 masjid di Tambusai Utara serta 33 masjid di Kabun.
 
Terakhir 28 masjid dan 1 lapangan di Kecamatan Ujungbatu, 10 masjid dan satu lapangan di Bonai Darussalam, 12 masjid dan satu lapangan di Pagaran Tapah Darussalam, 10 masjid dan satu lapangan di Kepenuhan Hulu serta 13 masjid dan satu lapangan di Pendalian IV Koto.
 
"Untuk salat Idul Fitri di tingkat Kabupaten Rohul, dipusatkan di Masjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pangaraian dengan khatib Profesor Akhmad Mujahidin dan imam Indra Gunawan," ucap Ahmad. (max/ant)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri