Cuaca Riau Sabtu Ini: Waspadai Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang

Cuaca Riau Sabtu Ini: Waspadai Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang

PEKANBARU - Menurut prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, hujan akan mengguyur sejumlah wilayah Riau, Sabtu (4/5/2024).

Forecaster On Duty BMKG Pekanbaru, Indah DN, menjelaskan, pada pagi hari, cuaca sebagian besar wilayah Provinsi Riau berawan dengan potensi hujan ringan hingga sedang.

Situasi yang sama diperkirakan juga akan terjadi pada siang hingga sore hari, khususnya di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Rokan Hilir, dan Kota Dumai. Kondisi yang sama juga diprakirakan terjadi di Kabupaten Kampar, Bengkalis, Siak, Pelalawan, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Kuantan Singingi, dan sebagian Kota Pekanbaru.

Kondisi cuaca yang berawan masih akan berlanjut hingga malam hari. Namun, perlu diwaspadai hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang kemungkinan disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah Kabupaten Kampar dan Kuantan Singingi.

Sementara itu, dini hari diprediksi udara akan cenderung kabur hingga berawan.

Indah DN mengingatkan masyarakat agar waspada terhadap potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang berpotensi disertai petir dan angin kencang.

Daerah yang perlu lebih waspada mencakup sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Bengkalis, Kota Dumai, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Siak, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Kampar, dan Kabupaten Kuantan Singingi. Ancaman cuaca ekstrem ini dapat terjadi pada pagi, siang, sore, maupun malam hari.

Sementara itu, suhu udara di Provinsi Riau diprediksi berkisar antara 22.0 hingga 31.0 °C, dengan kelembapan udara mencapai 65 hingga 99 persen. Angin diperkirakan bertiup dari arah Tenggara hingga Barat Daya dengan kecepatan 10 hingga 30 Km/jam.


Berita Lainnya

Index
Galeri