Waspada Karhutla! 12 Titik Panas Terdeteksi di Riau

Waspada Karhutla! 12 Titik Panas Terdeteksi di Riau

PEKANBARU - Sebanyak 12 titik panas (hotspot) terpantau di Riau pada hari Rabu, 1 Mei 2024. Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, jumlah ini menjadi yang terbanyak di antara provinsi di pulau Sumatera.

Hotspot tersebut tersebar di berbagai kabupaten/kota, dengan Kabupaten Rokan Hulu menjadi yang terbanyak yakni 4 titik. Selanjutnya diikuti Kabupaten Rokan Hilir dan Kampar masing-masing 2 titik, Meranti, Kuantan Singingi, Pelalawan, dan Kota Dumai masing-masing 1 titik.

Forecaster On Duty BMKG Pekanbaru, Moh Ibnu Amiruddin, menghimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi karhutla, terutama di wilayah dengan hotspot.

"Masyarakat diimbau untuk tidak melakukan pembakaran lahan, baik disengaja maupun tidak disengaja, karena dapat memicu kebakaran hutan dan lahan," ujarnya.

Selain potensi karhutla, BMKG juga memprakirakan akan terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di beberapa wilayah Riau, yaitu Kabupaten Rokan Hilir, Rokan Hulu, Bengkalis, Indragiri Hilir, Kampar, dan Kota Dumai. Hujan ini diprediksi terjadi pada siang, sore, dan malam hingga dini hari.

Suhu udara di Riau hari ini berkisar antara 22.0°C hingga 33.0°C, dengan kelembapan udara antara 55% hingga 99%. Angin bertiup dari arah Tenggara - Barat Daya dengan kecepatan 10 - 30 km/jam.


Berita Lainnya

Index
Galeri