Hengkang dari Uni Eropa, Begini Cara Warga Inggris Agar Dapat Hak

Hengkang dari Uni Eropa, Begini Cara Warga Inggris Agar Dapat Hak
Ilustrasi

INGGRIS - Inggris bakal hengkang dari Uni Eropa. Warga Inggris yang tidak setuju dengan hasil referendum negaranya harus keluar dari Uni Eropa, mulai sibuk mencari cara agar dapat mempertahankan haknya di Uni Eropa.

Salah satunya adalah dengan mencoba mendapatkan paspor terbitan negara tetangga, Irlandia.

CNN.com melaporkan selang beberapa jam setelah hasil referendum memastikan Inggris keluar dari Uni Eropa, Google banyak digunakan untuk mencari informasi dengan kata kunci ‘cara mencari paspor Irlandia’ yang datang dari pengguna internet di Inggris.

Tingginya pencarian paspor Irlandia, dipicu oleh rasa was-was warga Inggris yang takut tidak bisa bepergian lintas batas negara di Uni Eropa jika negaranya tidak lagi menjadi bagian dari aliansi ekonomi dan politik tersebut. 

Sesuai kesepakatan negara-negara Uni Eropa, warga negaranya bebas untuk keluar masuk ke negara lain dalam kawasan tersebut. Saat ini, satu-satunya kesempatan warga Inggris masih bisa mendapatkan fasilitas tersebut hanya melalui negosiasi antara pemerintah Inggris yang baru dengan Uni Eropa.

Leon Ward, warga asal Cardiff mengaku telah memberikan suaranya agar Inggris tetap bergabung di Uni Eropa dengan alasan keamanan, persatuan, hak untuk melintasi batas negara dengan bebas, dan alasan kesejahteraan ekonomi.

“Namun warga Inggris lainnya sepertinya lebih memilih Inggris terpisah, keputusan yang saya tidak setujui. Saya ingin tetap tercatat sebagai warga Uni Eropa dengan semua keuntungan yang ada di dalamnya,” kata Ward, dikutip dari CNN.com, Minggu (27/6/2016).

Paspor Irlandia menjadi pilihan utama warga Inggris untuk didapatkan, karena negara tetangga tersebut tidak terlalu ketat memberlakukan syarat bagi warga negara lain untuk dapat memperoleh paspor negaranya. Irlandia hanya mensyaratkan warga Inggris yang orang tua atau kakek-neneknya berasal dari Irlandia, bisa memegang paspor negara tersebut. (das/cnn)


Berita Lainnya

Index
Galeri