Festival Lampu Colok Bengkalis 2016, Desa Simpang Ayam Tuan Rumah

Festival Lampu Colok Bengkalis 2016, Desa Simpang Ayam Tuan Rumah
Festival lampu colok tingkat kabupaten Bengkalis tahun 2015.
BENGKALIS - Festival Lampu Colok tahun 2016 tingkat Kabupaten Bengkalis akan diresmikan oleh Bupati Bengkalis Amril Mukminin. Peresmian Festival Colok tersebut akan dilaksanakan di RT 01 RW Dusun 1 Desa Simpang Ayam kecamatan Bengkalis, pada 26 Ramadhan 1437 Hijriyah bersamaan dengan 1 Juli 2016.
 
Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Bengkalis Drs. H. Eduar melalui Kasi Bina Budaya Ahmad Nawawi,SH.
 
"Desa Simpang Ayam dipilih sebagai tempat peresmian festival lampu colok, karena di desa itu terdapat banyak menara lampu colok, dengan motif beraneka dan ditambah lagi Simpang Ayam juga adalah peraih juara 1 dan juara Umum pada 2015 lalu," kata Ahmad Nawawi, belum lama ini.
 
Sementara Nawawi menjelaskan kriteria penilaian festival lampu colok tahun ini tetap seperti tahun sebelumnya. Bermotifkan miniatur masjid, mushola, dan kabah. Serta banyaknya jumlah pelita atau kaleng dan tinggi menara.
 
"Tahun 2016 ini Insyaallah panitia pelaksana akan memberitahukan kepada peserta mengenai jadwal penilaian yang akan dilakukan oleh tiga orang juri yang diberikan tanggung jawab dan kepercayaan sepenuhnya. Ini bertujuan agar peserta dapat mempersiapkan lampu coloknya dengan baik saat proses penilaian berlangsung,"terangnya lagi.
 
Di samping itu, untuk hadiah bagi pemenang Event Festival lampu Colok turun dari tahun sebelumnya."Untuk juara umum 1 Rp5.000,000, Juara II Rp4.000.000, dan juara III Rp3.000.000, serta untuk juara harapan 1 sampai harapan 6 dengan masing-masing mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp1.000.000," imbuhnya.
 
Selain itu, mengenai bantuan dana setiap colok yang dibuat oleh peserta festival pula belum bisa dipastikan karena belum ada keputusan. "Kalau memang ada dana bantuannya maka penyerahan dana tersebut tetap akan dilaksanakan pada malam peresmian festival lampu colok ini," tutup Ahmad Nawawi. (fan/hms)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri