BPKAD Pekanbaru Jadi Narasumber Sosialisasi Pengelolaan Dana BOS di SMPN 4 Pekanbaru

BPKAD Pekanbaru Jadi Narasumber Sosialisasi Pengelolaan Dana BOS di SMPN 4 Pekanbaru

Pekanbaru, RiauRealita.com - Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Pekanbaru menjadi Narasumber dalam rangka sosialisasi Pengelolaan Dana BOS untuk Kepala Sekolah dan Bendahara BOS SMP Negeri, yang bertempat di Aula SMPN 4 Pekanbaru beberapa waktu lalu.

Mewakili Kepala BPKAD Pekanbaru Hj Yulianis S.Sos.,M.Si, Kepala Bidang Akuntansi BPKAD Pekanbaru Riry Isramiwarti saat ditemui pada Kamis (14/09/2023) mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan guna memberikan pemahaman yang benar kepada peserta tentang pengelolaan dana BOS, sesuai petunjuk teknis yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

“Penggunaan dana BOS ini harus dipertanggungjawabkan sesuai peruntukannya. Sekolah juga wajib melakukan Perencanaan, penganggaran dan Pelaporan melalui aplikasi ARKAS.” ujarnya.

Ia mengingatkan kepala sekolah dan Bendahara BOS SMP Negeri untuk tidak menggunakan dana BOS di luar konteks juknis. Bila itu dilakukan, dapat menjadi persoalan di kemudian hari.

“Saya harap kepala sekolah dan bendahara BOS dapat sejalan dalam mengelola dana tersebut,” harapnya.

Lebih lanjur disampaikannya, dengan adanya sosialisasi ini kemampuan pengelola program BOS menjadi lebih baik, dan anggaran yang diberikan pemerintah digunakan sesuai aturan serta peruntukannya juga harus jelas dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran.

“Kami berkomitmen agar para kepala sekolah dan benddahara dana BOS dapat memanfaatkan dana BOS dengan tepat, dinas pendidikan kali ini menyelenggarakan sosialisasi, Inspektorat nanti memberikan arahan mengenai caranya yang benar, sedangkan BPKAD akan memproteksi pencairan dan membantu mungkin kepala sekolah ada kesulitan saat pencairan maka kita akan buat PIC dari Disdik, Inspektorat maupun BPKAD untuk konsultasi khusus anggaran BOS ini,” tambahnya. 


Berita Lainnya

Index
Galeri