Hillary Clinton Jadi Capres Wanita Pertama Amerika

Hillary Clinton Jadi Capres Wanita Pertama Amerika
Hillary Clinton
SANTA MONICA - Langkah Hillary Clinton untuk menapaki orang nomor satu di Amerika Serikat makin dekat. Dia kini sudah berhasil menyabet status sebagai kandidat calon presiden dari Partai Demokrat.
 
Istri Bill Clinton itu merayakan kemenangannya dalam primary Partai Demokrat di Negara Bagian California dan Negara Bagian New Jersey, Rabu (8/6/2016). Kemenangan itu kian mengukuhkan statusnya sebagai kandidat calon presiden (capres) Demokrat. Apalagi, sebelumnya dia mencapai kuota minimal dukungan delegates.
 
"Terima kasih (atas dukungan, red) Anda sekalian. Kita telah menciptakan sejarah," ujar perempuan 68 tahun tersebut dalam pidatonya di Brooklyn Borough, Kota New York, Negara Bagian New York, Amerika Serikat (AS).
 
Meski masih ada satu lagi primary yang akan digelar pada 14 Juni, dukungan yang terkumpul sudah lebih dari cukup untuk menjadikannya capres Demokrat. Kini Clinton menjadi capres perempuan pertama AS. Fakta tersebut menuai reaksi positif Presiden Barack Obama. Kemarin pemimpin 54 tahun itu memberikan ucapan selamat kepada seniornya di partai tersebut. 
 
"Obama menelepon Clinton dan (Bernie, red) Sanders untuk mengucapkan selamat atas rangkaian kampanye yang mengobarkan semangat kubu Demokrat," ungkap Josh Earnest, salah seorang jubir Gedung Putih. (max/jpnn)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri