Waspadai Virus PMK Pada Ternak Babinsa Koramil 06/Cerenti Kodim 0302/Inhu Cek Langsung Ternak Sapi Warga Dipekarangan

Waspadai Virus PMK Pada Ternak Babinsa Koramil 06/Cerenti Kodim 0302/Inhu Cek Langsung Ternak Sapi Warga Dipekarangan

Kuansing- Guna memantau dan mengantisipasi penularan penyakit mulut dan kaki (PMK), Kopda Irwan Babinsa koramil 06/Cerenti melaksanakan pengecekan kesehatan hewan ternak sapi di Desa Koto Cerenti Kecamatan Cerenti, Kabupaten Kuansing, Rabu (19/04/2023 ).

Kopda irwan sebagai Babinsa mengatakan bahwa penyakit ini ditandai dengan adanya pembentukan vesikel atau melepuh di mulut, lidah, gusi, luka pada kulit sekitar kuku, bahkan kuku bisa terlepas.

“Keadaan tersebut nantinya akan membuat hewan ternak pincang dan tidak mau makan serta hewan lebih sering berbaring,” ujarnya.
Irwan menghimbau peternak untuk rutin membersihkan kandang dan hewan ternaknya.

” Sekali lagi apabila ditemui gejala PMK, segera melapor kepada Dinas terkait dan terutama Babinsa setempat sehingga dapat segera ditangani agar tidak terjadi penularan terhadap hewan lain”, ungkapnya.

Sementara itu, Di pekarangan sapi milik Suwito (43), Kopda Irwan menambahkan jika berdasarkan hasil pemantauan, beberapa hewan ternak sapi masih sehat dan tidak ditemukan gejala wabah PMK.

“Jagalah kebersihan kandang agar hewan ternak terhindar dari penyebaran virus penyakit mulut dan kuku (PMK), sehingga dapat menghasilkan hewan ternak yang sehat dan berkualitas, “terangnya.


Berita Lainnya

Index
Galeri