Komitmen Majukan UMKM, Pemko Jalin Kerja Sama dengan BPR Pekanbaru Madani dan STC

Komitmen Majukan UMKM, Pemko Jalin Kerja Sama dengan BPR Pekanbaru Madani dan STC

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru berupaya konsisten untuk menumbuh kembangkan Usaha Mikro Kecil Menenangah (UMKM) di Kota Pekanbaru. Salah satunya, melalui BUMD Pekanbaru, PT Bank Perkreditan Rakyat Pekanbatu Madani (Perseroda) yang menyediakan kredit bunga rendah bagi para pelaku UMKM.

Penandatanganan Kesepakatan antara Pemerintahan Kota Pekanbaru dengan PT Bank Perkreditan Rakyat Pekanbaru Madani (Perseroda) berlangsung di Sukaramai Trade Center, Kamis (26/1/2023).  Pj Wali Kota Muflihun SSTP MAP yang diwakili oleh Pj Sekda Kota Pekanbaru Indra Pomi ST MSi langsung menandatangai kerjasama tersebut.

Program prioritas subsidi bunga bagi Pelaku UMKM Pekanbaru ini, ditargetkan dapat membantu 1.111 pelaku UMKM. "Besaran pinjamam Rp 15 Juta dari Bank BPR Pekanbaru dengan suku bunga 3 persen. Namun tentu ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh para pengusaha UMKM Pekanbaru," ujar Indra Pomi.

Kepala Diskop UMKM Pekanbaru Sarbaini, menjelaskan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi pelaku UMKM yang berhak mendapatkan pinjaman dengan suku bunga rendah tersebut. Diantaranya, KTP dan lokasi usaha harus asli domisili Pekanbaru, terdaftar di data base Diskop UMKM Pekanbaru dan beromset maksimal Rp 50 juta pertahun.

"Jenis usahanya bebas, namun nantinya UMKM Pekanbaru tersebut kami dampingi dan akan ada tim survei yang memantau kelayakan usaha tersebut," tambah Sarbaini.

Pj Sekdako Pekanbaru mengingatkan, bagi para pelaku UMKM yang mendapat pinjaman tersebut agar sungguh - sungguh menggunakannya untuk pengembangan usaha. "Jika dibelikan motor, hp dan barang yang kurang berkaitan dengan pengembangan usaha, dikhawatirkan menjadi kredit macet nantinya. Jadi upaya kita untuk meningkatkan ekonomi usaha kecil ditengah ancaman resesi jadi sia-sia," imbaunya.

Usai memberikan pinjaman secara simbolis sebesar Rp 15 Juta kepada beberapa pelaku UMKM Pekanbaru. Pj Sekda Kota Pekanbaru Indra Pomi lanjut meresmikan Opening Wisata Point UKM Sukaramai Trade Center (STC).

Ada sekitar 60 unit kios yang disediakan pengelola STC bagi para pelaku UMKM Pekanbaru. 60 unit ini, dapat dimanfaatkan secara gratis dalam setahun kedepan. "Tahap I ini, informasi dari pengelola sudah masuk 35 pelaku UMKM. Semoga usahanya terus berkembang karena dapat tertamping disini," harap Indra Pomi.


Berita Lainnya

Index
Galeri