Seperti Indonesia, Muslim di Timur Tengah dan Eropa Juga Mulai Puasa 6 Juni 2016

Seperti Indonesia, Muslim di Timur Tengah dan Eropa Juga Mulai Puasa 6 Juni 2016
Ilustrasi.
JAKARTA - Umat Islam di seluruh dunia, termasuk Indonesia, memulai ibadah puasa Ramadan mulai Senin, 6 Juni 2016. Otorita Islam di Arab Saudi dan di Indonesia, negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia, mengumumkan bahwa awal Ramadan jatuh pada 6 Juni.
 
Ketetapan yang sama dikeluarkan di Singapura, Yaman, Lebanon, Suriah, Qatar, Kuwait, Yordania, Mesir, Uni Emirat Arab, Afghanistan dan Palestina.
 
Di Inggris, pengumuman yang dikeluarkan Masjid Besar London juga menyebutkan bahwa ibadah puasa selama satu bulan penuh ini dimulai pada Senin (6/6/2016).
 
Kalender Islam (Hijriyah) didasarkan pada pergerakan bulan dan kadang terjadi perbedaan ketika menetapkan awal Ramadan di berbagai negara.
 
Sementara itu lama puasa tergantung dengan letak geografis dan juga musim. Di Jakarta, yang terletak di ekuator, puasa dimulai sekitar pukul 04.30 hingga 17.55.
 
Di London, yang terletak di belahan Bumi utara dan saat ini tengah musim panas, puasa dimulai sekitar pukul 02.55 hingga sekitar 21.25.
 
Sementara itu umat Islam yang berada di belahan bumi selatan seperti di Johannesburg, Afrika Selatan, akan menjalankan ibadah puasa yang lebih pendek. Di kota ini puasa dimulai sekitar pukul 05.31 dan berakhir sekitar pukul 17.21. (ade/dtc)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri