Babinsa Koramil 06/Cerenti Kodim 0302/Inhu Cek Hewan Ternak Sapi Warga Desa Sebagai Langkah Antisipasi PMK Sapi Kecamatan Cerenti

Babinsa Koramil 06/Cerenti Kodim 0302/Inhu Cek Hewan Ternak Sapi Warga Desa Sebagai Langkah Antisipasi PMK Sapi Kecamatan Cerenti

Kuansing- Babinsa dari Koramil 06/Cerenti Serda SP Nasution melakukan pengecekan Sapi Warga Desa Kompe Berangin Kecamatan Cerenti, Kabupaten Kuansing, Minggu (26/03/2023).

Hal tersebut dilakukan dalam rangka mencegah wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada sapi yang saat ini sedang merambah ribuan sapi di Wilayah Kecamatan Cerenti.

Seperti yang disampaikan oleh dinas peternakan yang menyebutkan bahwa untuk mencegah penyebaran penyakit yang bisa menular ke manusia itu, perlu dilakukan pantauan peternak sapi. Bahkan, sempat dipikirkan lockdown jika ada temuan kasus PMK di suatu wilayah.

Bapak Balok sapaan akrab dengan sapaan Balok Babinsa Desa Kompe Berangin menyebutkan, berdasarkan keterangan dari salah satu warga binaan  yang dipantau secara langsung di lapangan, tidak adanya temuan sapi yang sakit.

“Ada sekitar 2 sapi yang dicek, namun semua pada semua dan tidak ada penyakit kuku dan Mulut (PKM),” jelasnya.

Babinsa koramil 06/Cerenti Serda SP Nasution dan juga mengimbau kepada pemilik sapi untuk selalu menjaga kebersihan kandangnya agar hewan ternak tersebut tidak mudah terkena wabah penyakit

“Bila menemukan tanda-tanda atau gejala di mulut dan kuku pada sapi, segera melaporkan ke mantri hewan terdekat atau dinas peternakan, untuk dilakukan pemeriksaan supaya cepat penanganannya,” ungkapnya.


Berita Lainnya

Index
Galeri